Optimis, Mumomuko Ajukan Perencanaan GOR di APBD-P

Minggu 08-08-2021,20:02 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) bakal mengusulkan dana perencanaan Gedung Olah Raga (GOR) pada Anggran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun ini. Hal itu dilakukan pihak Disparpora sebagai persiapan jika pembangunan GOR mendapat kucuran dana pusat pada tahun 2022 mendatang. Sehingga pekerjaan fisik dapat langsung dieksekusi lebih awal.

"Perlu kita ingat, perencanaan itu butuh waktu berbulan-bulan. Kalau dilaksanakan dalam satu tahun bersama kegiatan fisik, waktunya sangat terbatas. Makanya kita berharap untuk perencanaan dapat dilakukan tahun ini, agar pada tahun 2022 mendatang tinggal pekerjaan fisik," sampai Kadis Parpora Mukomuko, Apriansyah, ST., MT kepada radarbengkuluonline,com kemarin.

Kadisparpora optimis Mukomuko bisa mendapat kucuran dana pusat untuk pembangunan GOR yang sudah lama dinanti masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan agar pusat dapat mengalokasikan dana GOR Mukomuko. Diantaranya mengajukan proposal melalui Deputi I Kantor Staf Kepresidenan (KSP) saat ia kunjungan ke Mukomuko beberapa waktu lalu.

Sebetulnya, ungkap Apriansyah, anggaran pembangunan GOR Mukomuko sudah pernah mendapat dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 sebesar Rp 12,8 miliar. Tapi sayang, pembangunan gagal lantaran DAK direfocusing oleh Pemerintah Pusat untuk penanganan pandemi Covid-19. "Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, Disparpora Mukomuko pada tahun 2020 lalu mendapat DAK pariwisata sebesar Rp 3,9 miliar, GOR Rp 12,8 miliar. Tapi karena pandemi, dana GOR batal. Hanya DAK pariwisata yang terealisasi, itupun ada sedikit pengurangan."

Ditambahkan Kadis, dengan bantuan pihak KSP, ia berharap pada tahun 2022 mendatang anggaran pembangunan GOR Mukomuko dapat kembali. Bahkan bisa bertambah dari anggran sebelumnya. "Pada dasarnya, pihak Pemerintah Pusat sudah setuju mengucurkan DAK untuk GOR Mukomuko. Kendala tahun lalu karena bencana. Pihak KSP juga berjanji membantu mengabulkan permohonan kita. Kami optimis kita bisa mendapat dana pusat untuk membangun GOR tahun mendatang." (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait