Ciptakan Sejarah, Pemuda-KNPI Bengkulu Bentang Merah Putih Raksasa

Selasa 17-08-2021,19:57 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Hakekatnya Pemuda Itu Tangguh dan Tumbuh

RBO >>>  BENGKULU >>> Kalangan pemuda memiliki peranan yang sangat penting dalam mengisi hari-hari pasca Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Ini ditegaskan Plt Ketua KNPI Kota Bengkulu, Supratman, M.Si usai membuat sejarah baru di Kota Bengkulu dengan membentang merah putih raksasa berukuran 17 x 45 meter di kawasan landmark Pantai Panjang dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76, Selasa (17/8).

"Kalau bukan kini, kapan lagi. Dan kalau bukan kita, siapa lagi. Tentu saja kita harus memiliki visi dan misi dalam mengisi hari-hari kemerdekaan. Terlebih pemuda sejatinya merupakan generasi penerus bangsa. Maka dari itu dalam kesempatan ini saya mengajak pemuda, khususnya di Kota Bengkulu untuk terus berkiprah mengisi kemerdekaan," tegas pria yang akrab disapa Iwan ini.

Di samping itu, lanjut Iwan, karena saat ini tengah pandemi Covid-19, Ia mengajak pemuda untuk dapat menjadi pelopor protokol kesehatan (Prokes). "Dalam artian, para pemuda harus bisa mengajak, dan menjadi contoh ataupun teladan bagi masyarakat untuk senantiasa mematuhi dan berdisiplin dalam menerapkan prokes."

Ditambahkan Ketua KNPI Provinsi Bengkulu, Febri Yurdiman, pemuda memiliki peranan yang penting dalam mewujudkan kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. "Tentu saja peranan itu harus terus dirawat dan ditumbuhkan. Terutama untuk mengisi hari-hari pasca kemerdekaan, dan peranan yang dimaksud tentunya dari berbagai aspek kehidupan," tambah Febri.

Sementara itu, anggota DPD RI, Hj. Riri Damayanti John Latief, S.Psi, MM yang turut dalam pembentangan merah putih mengapresiasi langkah KNPI Kota Bengkulu dalam menggelar kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76. "Sebagai pemuda tentunya kita tidak boleh lupa dengan sejarah. Pembentangan ini salah satu wujudnya," ujar Riri.

Kegiatan ini, sambungnya, dapat dijadikan motivasi, sekaligus dorongan untuk menggerakkan generasi muda, khususnya di Bengkulu untuk terus bersemangat. "Apalagi saat ini negeri kita, termasuk di Bengkulu tengah menghadapi pandemi Covid-19. Saya berharap momentum ini dapat membangkitkan semangat para pemuda di tengah pandemi."

Terpisah, Orator Kepemudaan, M. Prihatno mengatakan, melalui momentum ini para pemuda terutama KNPI Kota Bengkulu sendiri, dapat lebih kreatif dan inovatif. "Baik buruk kondisi negeri ini kedepan, tentu saja juga bergantung dengan pemuda. Makanya, pemuda harus berani untuk lebih kreatif dan inovatif, bahkan berpikiran out of the box," singkatnya.

Dalam kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan secara penuh tersebut, langsung diawasi Ketua Satgas Covid-19 Kota Bengkulu, Eddyson. Kegiatan itu sendiri melibatkan berbagai elemen pemuda. Mulai dari Cipayung plus, Organisasi Kepemudaan (OKP), dan komunitas sepeda ontel, Lintas Komunitas, Tobo Berendo, Peduli Bengkulu, FK RTRW dan dihadiri perwakilan Pemda Kota, Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Kota. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait