Usin: Tanam Pisang Cavendish Itu Punya Nilai Ekonomi Tinggi

Kamis 30-12-2021,08:26 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU -  Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, SH memberikan bantuan bibit pisang untuk para petani di Bengkulu. Ini dilakukannya agar pemanfaatan lahan bisa maksimal dilakukan. Ini juga dinilainya penting untuk memberikan dorongan kepada masyarakat.

"Dalam memaksimalkan pemanfaatan lahan pertanian dan perkebunan, kita mendorong warga untuk menanam komoditi pisang Cavendish yang memiliki nilai ekonomi. Karena tanaman ini berkualitas ekspor. Sebagai bentuk komitmen kita dalam mendorong warga tersebut, kemarin (Selasa, red) kita membagikan bibit pisang Cavendish," ungkap Usin kepada radarbengkuluonline.com  Rabu (29/12).

SILAHKAN BACA: Ini Dia Cara Melihat Jadwal dan Kuota SNMPTN 2022 Menurutnya, pada tahap awal ini pembagian bibit pisang Cavendish dilakukan di 2 kabupaten. Yakni Kepahiang dan Bengkulu Selatan. Karena, kedua daerah ini sebagai pilot project pisang Cavendish. "Kedepan kita prioritaskan pengembangannya di tengah-tengah warga. Sehingga nantinya varietas ini benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan warga. Terutama petani," ujarnya.

BACA JUGA: Kota Bengkulu Akan Berlakukan Jalan Satu Jalur Di samping itu, lanjut Usin, tanaman lokal juga menjadi fokus pihaknya untuk terus dikembangkan. Terutama jenis pisang. Langkah ini diharapkan nantinya bisa merubah paradigma petani, untuk tidak selalu menerapkan tanaman monokultur saja. "Selama inikan petani kita hanya terpaku tanaman monokultur saja. Misal kelapa sawit dan karet."

Ia menambahkan, dirinya juga mendorong kader Partai Hanura untuk dapat menjadi penggerak pemanfaatan lahan, khususnya lahan pekarangan. "Pisang Cavendish ini masih bisa ditanam di lahan pekarangan yang tidak termanfaatkan. Saya minta agar seluruh kader Hanura bisa mulai jadi penggerak," tegas Usin yang juga mejabat Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu.

PERLU DIBACA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (23) Sementara itu, Kadis TPHP Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan mengatakan, dalam penanaman pisang Cavendish ini memang dibutuhkan perlakukan khusus. "Sehingga nantinya pisang ini tetap memiliki kualitas ekspor. Maka dari itu kita menekankan agar para penyuluh pertanian dapat mendampingi petani secara serius pada komoditi ini," ujarnya. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait