PT. WKI Cek Lokasi Pelabuhan Mukomuko

Kamis 13-01-2022,18:36 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Meski Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM masih enggan menyampaikan kepastian kapan Pelabuhan Mukomuko, tepatnya di Kecamatan Teramang Jaya akan dibangun. Namun progres mega proyek di Kapuang Sati Ratau Batuah itu terus bergerak maju.

Pada Kamis (13/1) rombongan petinggi PT. Waskita Karya Infrastruktur (WKI) terbang dari Jakarta ke Mukomuko untuk meninjau langsung lahan yang bakal dijadikan lokasi pembangunan pelabuhan, dan beberapa potensi investasi lainnya.

BACA DULU: Sultan: Saya Sudah Minta Menko Tuntaskan Pembangunan TOL Itu Waskita Karya Infrastruktur sendiri merupakan anak perusahaan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk yang bergerak dalam bisnis kawasan industri, pembangkit listrik, dan pelabuhan. Petinggi Waskita Karya Infrastruktur yang datang ke Mukomuko, yakni Direktur Bisnis dan Strategi, Ikhwan Zamroni ketika diwawancarai mengatakan, Kabupaten Mukomuko salah satu daerah yang potensial dalam pengembangan bisnis.

Kedatangan mereka ke Mukomuko merupakan tindak lanjut dari perbincangan antara PT. WKI dengan Pemkab Mukomuko sebelumnya. "Kedatangan kami ke Mukomuko ini atas undangan Bupati dalam rangka melihat potensi yang mungkin bisa dikembangkan ke depan. Karena memang Mukomuko kami anggap salah satu kabupaten yang prospek pengembangan bisnis cukup baik," kata Ikhwan.

Langkah selanjutnya usai survei atau peninjauan langsung lokasi pelabuhan maupun potensi bisnis lainnya, pihak PT. WKI akan melakukan kajian bisnis yang lebih mendalam. Termasuk pihaknya akan lebih banyak dan intens berdiskusi dengan Bupati dan jajaran Pemkab Mukomuko.

BACA JUGA: Diduga Kasus Omicron, Dinkes Masih Tunggu Hasil Sampel Kemenkes "Tentu sebelum memulai bisnis kita akan mengkaji secara mendalam. Diskusi secara intens dengan Pemkab juga akan kami lakukan. Karena kita ingin investasi ini nanti juga bekerja sama dengan perusahaan yang berjalan di Mukomuko. Termasuk juga BUMD Mukomuko. Yang pasti hari ini tim kami akan survei lapangan," demikian Ikhwan.

Bentuk Keseriusan

Sementara itu, Bupati Sapuan mengatakan, ia sengaja mengundang langsung calon investor untuk datang ke Mukomuko bentuk dari keseriusan Pemkab Mukomuko yang terbuka bagi investor.

Dengan melihat dan melakukan survei langsung ke lapangan, investor bisa mengkaji betul-betul baik secara teknis maupun non teknis mengenai rencana bisnis yang akan dijalankan di Mukomuko.

Karena kajian secara mendalam ini sangat penting sebelum menjalankan bisnis. Agar bisnis investor dapat berjalan dengan lancar dan baik. Dan tentu kalau bisnisnya berjalan lancar akan berdampak positif pula bagi kesejahteraan masyarakat di Mukomuko. "Kita terbuka kepada investor. Silahkan lihat langsung dan tentu dikaji betul-betul. Ibaratnya biar tidak ada dusta diantara kita," ucap Bupati.

Bupati mengatakan, untuk tahap awal ini, ada dua potensi bisnis yang fokus ditawarkan kepada pihak investor. Pertama yaitu pelabuhan, dan pembangkit listrik. Dimana kedua potensi bisnis itu masuk dalam kategori bidang yang digeluti PT. WKI.

"Saya berharap, potensi-pontensi lain kedepan juga bisa kerjasama dengan Waskita, salah satunya tadi kawasan industri," papar Sapuan.

Beberapa nama petinggi Waskita Karya Infrastruktur yang datang ke Mukomuko bersama Direktur Bisnis dan Strategi yaitu Supervisor (Spv) Engineering PT. WKI, Luki Danardi, Marketing Division, Denis S, dan Manager Engineering, Aqua Budinata. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait