Pemerintah Harus Bersinergi Menembuskan Jalan Lebong- Merangin

Minggu 30-01-2022,20:43 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu diharapkan dapat bersinergi agar jalan tembus Lebong-Merangin bisa terealisasi. Ini disampaikan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Mohd. Gustiadi, S.Sos.

Menurutnya, tanpa sinergi tersebut jalan tembus itu dirasakan sulit terealisasi. "Tahun lalu kita selaku Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu pernah menjajaki jalan tembus Lebong-Merangin, tepatnya antara Desa Sungai Lisai, Kecamatan Pinang Belapis menuju Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat. Namun dalam penjajakan itu, jalan tembus yang dimaksud sudah hampir bisa dipastikan tidak bisa terealisasi," ungkap pria yang akrab disapa Edi Tiger ini.

Alasannya, lanjut Edi, karena jalan tembus itu membelah kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) yang cukup panjang. Padahal jika terealisasi jalan tembus dari Sungai Lisai-Muara Madras itu panjangnya sekitar 9 KM. "Adapun jalan tembus yang memungkinan untuk terealisasi dari Lebong ke Desa Sungai Keradak, Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun. Hanya saja,  kalau dipandang dari sisi azas manfaat, sebenarnya lebih baik yang terealisasi itu jalan tembus Lebong-Merangin. Diantaranya dapat membuka keterisoliran warga Desa Sungai Lisai, dan jarak tempuh dari Lebong menuju Merangin relatif singkat. Makanya sejak awal tadi diharapkan agar Pemprov dan Pemkab Lebong bersinergi untuk mengusulkan jalan tembus itu.

"Usulan tentu saja disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI. Karena siapa tahu ketika Pemprov dan Pemkab Lebong bersinergi, Kementerian LHK memiliki pertimbangan tentunya terkait jalan tembus Lebong-Merangin tersebut. Apalagi ini juga menyangkut kepentingan warga dan pembangunan daerah," tegasnya, saat dihubungi radarbengkuluonline.com Minggu (30/1).

Lebih jauh dikatakannya, ketika jalan tembus Lebong-Merangin terealisasi, maka nantinya konektivitas antar Provinsi Bengkulu dengan tetangga semakin terbuka. "Apalagi Pemprov Bengkulu juga memiliki cita-cita untuk menjadikan Pelabuhan Pulau Baai sebagai gerbang ekspor Sumatera. Tentunya jalan tembus itu sangat besar manfaatnya," papar Edi Tiger.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait