Anak Petani Rejang Lebong Ini Lulus Sarjana, Siap Lanjutkan S2

Selasa 01-02-2022,21:26 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Ayu Rahayu (25) anak pertama dari dua bersaudara ini adalah seorang anak petani dari Rejang Lebong. Ayahnya Er Wanto dan ibunya Misna Wati berasal dari keluarga menengah ke bawah tentu sangat sulit baginya untuk melanjutkan pendidikannya. Dengan niat dan modal tekad yang kuat, ia yang baru saja menyelesaikan pendidikannya pada Sekolah Tingkat Pertama di salah satu pesantren yang ada di Rejang Lebong.

Kemudian memilih merantau seorang diri ke Kota Bengkulu, saat usianya yang baru 16 tahun untuk melanjutkan pendidikannya. Namun karena terkendala oleh biaya, akhirnya ia bekerja di rumah seorang pendeta yang berlokasi di Lingkar Barat Kota Bengkulu. Ia bekerja sebagai pengelola reservasi ticketing online sekaligus kerja di rumah pendeta tersebut. Karena kerja kerasnya, ia berhasil menyelesaikan sekolah di SMKN 1 Kota Bengkulu.

Ia melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di IAIN Bengkulu yang sebelumnya sudah ke beberapa universitas lain, namun cuma bertahan 2 semester saja. Ia menetap di universitas IAIN yang sekarang sudah bertransformasi menjadi UIN FAS Bengkulu. Ia mengambil jurusan Ekonomi Syariah dan mendapatkan beasiswa bidikmisi.

‘’Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa melanjutkan pendidikan saya di universitas ini dan bisa mendapatkan beasiswa bidikmisi,&quot,’’ ujarnya kepada radarbengkuluonline.com Selasa (1/2).

Untuk uang perkuliahan, lanjutnya, ia tak perlu pusing lagi. Karena sudah ditanggung oleh beasiswa. Sehingga ia hanya perlu memikirkan untuk kebutuhan hidupnya sehari hari. Selain berkuliah, ia juga bekerja sebagai entrepreneur untuk menambah penghasilannya. Karena tidak mungkin jika ia harus bertahan hidup dari yang beasiswa saja. Ia sudah memiliki 2 usaha yang memang sudah ia rintis sejak SMK yang saat ini diberi nama AYLA Collection. Karena, ini merupakan usaha bersama temannya Lola dan Bucket Snack Rahul. Hingga pada akhir perkuliahannya ia berhasil menyabet Award The Best Inspiration and Entrepreneur oleh pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINFAS Bengkulu. ‘’Saya mendapatkan itu (The Best Inspiration and Entrepreneur) secara tiba-tiba tanpa konfirmasi sebelumnya, itu kejutan yang sangat luar biasa.’’

Selama berkuliahpun, ia termasuk mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan perkuliahan dan sering mengikuti beragam perlombaan maupun pertemuan antar kampus. Baik tingkat daerah, bahkan Nasional.

Beberapa prestasi yang pernah diraih yakni, Juara Lomba Debat Bahasa Inggris di Malang, Juara 1 Puisi PKMTD 2018, Juara Lomba Debat EXPO FEBI 2018. Tak hanya itu, ia juga menulis buku dan sudah mencetak dua buku. ‘’Meneropong Fenomena Sosial Keagamaan, pada tahun 2018 dan Marbot Menghantarkan Sukses Jadi Sarjana, pada tahun 2021.’’

Pada tahun 2021 lalu akhirnya ia mendapatkan gelar sarjana ekonomi setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun di UIN FAS Bengkulu. Ia akan melanjutkan pendidikan S2 nya pada tahun 2023 nanti. Dan saat ini ia sedang fokus untuk mengembangkan usahanya. (Mg-3)

Tags :
Kategori :

Terkait