Himpaudi Seluma Gelar Workshop

Jumat 11-02-2022,10:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, SELUMA - Meningkatkan kompetensi para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Kamis (10/2) Himpaudi (Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Seluma menggelar Workshop guru kreatif untuk guru kelompok bermain (KB), satuan PAUD sejenis (SPS) dan Taman Penitipan Anak (TPA) yang di pusatkan di aula Bappeda Seluma. Kegiatan ini mengambil tema Pendidik Berkualitas Anak Didik Cerdas.

Ketua Panitia pelaksana, Zusmiwati S.Pd dalam penyampaian laporan acara mengatakan, kegiatan tersebut digagas dengan cara swadana, iuran tenaga pendidik PAUD, sesuai dengan kehadiran Organisasi Himpaudi yang berdiri secara independen.

" Peserta workshop kompetisi guru PAUD pada tahap pertama ini terdaftar dan tercatat sebanyak 165 orang dan akan dilaksanakan secara kontinyu. Jadi bagi guru PAUD yang belum terdaftar, kami mohon maaf, jangan berkecil hati, nanti silahkan mendaftar pada tahap kedua," sampai Zusmiwati yang juga mantan Kades Lubuk Gio Kecamatan Talo, kemarin.

Ditambahkannya, dasar diadakannya kompetisi ini sesuai dengan UUD 1945, tentang pendidikan, pasal 31 ayat 1 dan 2, kemudian UU yang mengatur Kompetisi guru pasal 10, ayat 1 UU No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dan Perbup No 45 tahun 2021, tentang penyelenggaraan pendidikan anak usia dini 1 tahun pra pendidikan sekolah dasar dilingkungan pemerintah Kabupaten Seluma Bab 1, pasal 1 dipoint kan no 13, tenaga pendidik PAUD yang profesional yang telah memiliki sertifikat kompetensi guru, serta AD/ART Himpaudi dan program kerja Himpaudi tahun 2020-2024.

"Melalui workshop yang menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, mudah-mudahan bisa diaplikasikan di lembaga dan diharapkan meningkatkan inovasi dan kualitas guru PAUD," harapnya.

Dibagian lain, Ketua Himpaudi Seluma Desi Evawati, S.Pd mengatakan, dengan adanya workshop kompetisi guru PAUD ini, kedepan bisa memajukan guru dan tenaga didik PAUD di Kabupaten Seluma semakin berkualitas. Karena dari 173 lembaga PAUD di Kabupaten Seluma hanya 1 yang Negeri, sedangkan yang sisanya swasta.

"Disini rata-rata guru dan tenaga didik masih honorer. Dengan workshop ini juga menekankan untuk menjaga komitmen bagaimana kita bersama-sama meningkatkan kualitas anak didik. Baik itu dari segi keterampilan, ilmu pengetahuan, hingga akhlak. Terutama juga pada para guru dan tenaga pendidik PAUD agar lebih memahami karakter anak dan tidak memaksakan kehendak kepada anak didik," sampainya.

Workshop tersebut dihadiri Kabid PAUD, Ketua Himpaudi Provinsi, kepala Cabang BPJS Tais dan pihak terkait lainnya. (One)

Tags :
Kategori :

Terkait