Menipis, Stok Vaksin Rabies di Dinkes Mukomuko

Minggu 13-02-2022,20:49 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

  radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Stok vaksin anti rabies atau (VAR) yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko sudah menipis atau hampir habis. Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes, Jajad Sudrajat.

"Ya untuk vaksin anti rabies hampir habis masih tersisa lima kiur lagi. Sisa vaksin anti rabies tersebut disimpan di Dinas Kesehatan," katanya ketika dikonfirmasi, radarbengkuluonline.com Minggu (13/2).

Lanjutnya, dengan menipisnya vaksin anti rabies ini pihaknya telah mengusulkan penambahan stok vaksin anti rabies kepada pemerintah Provinsi Bengkulu. Hanya saja stok VAR di Provinsi Bengkulu juga sedang kosong. Karena kondisi vaksin sedikit dan belum mendapat tambahan, pihak Dinkes terpaksa selektif memanfaatkan sisa vaksin yang ada.

"Karena VAR kita sangat menipis, jadi vaksin yang ada di dinas ini dipakai selektif. Untuk stok tambahan kita masih menunggu. Provinsi juga kosong. Kami juga akan membeli vaksin rabies sebanyak 25 kiur," ujarnya.

Ditambahkan Jajat, hingga saat ini ada dua warga di daerah ini yang terkena gigitan hewan penular rabies jenis kucing dan anjing selama Januari 2022. Untungnya, anjing dan kucing yang menggigit warga itu merupakan hewan peliharaan yang telah diberi anti rabies. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait