Pertahankan, Kwarda Pramuka Provinsi Bengkulu Diurutan ke 7

Senin 14-02-2022,22:20 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

DKD Gerakan Pramuka 07 Bengkulu Resmi Dilantik

radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si, secara resmi melantik pengurus Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, masa bakti 2021-2026. Kegiatan pelantikan ini, berlokasi di Gedung Serbaguna Provinsi Bengkulu, tepatnya di Jalan Kampar Raya No.71, Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, pada Senin (14/02/2022) pukul 09.00- 10.30 WIB.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu Hamka Sabri menuturkan pengurus Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka 07 Bengkulu yang dilantik berjumlah 15 orang dari 19 pengurus. Ini meliputi; Ketua DKD Lisa Novita Sari, Wakil Ketua Agus Erikson Panjaitan, Sekretaris 1 Bintang Dwi Cahyo, Sekretaris 2, Wulan Ayu Lestari, Bendahara Ade Riang, Bidang Kajian Kepramukaan, Rahmad Alnasiman dengan 3 anggota, Bidang Kegiatan Azan Erik Erlangga dengan 3 anggota, Bidang Pembinaan dan Pengembangan, Ranti Ucreza dengan 2 anggota, serta Bidang Penelitian dan Evaluasi Redha Alfadil dengan 2 anggota. Namun, terdapat 4 orang yang tidak bisa hadir.“Jumlah DKD yang dilantik 15 orang. Ada yang tidak datang tadi, nanti kita lanjut ulang. ” tutur Hamka.

Proses pelantikan berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Pelantikan ini diawali dengan tanya jawab antara Ka. Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu dengan pengurus DKD Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, dan dilanjutkan dengan pengucapan janji Tri Satya dipandu oleh Ka. Kwarda yang diikuti pengurus DKD. Kemudian dilakukan pembacaan Naskah Ikrar oleh Ketua DKD Gerakan Pramuka 07 Bengkulu. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatangan Naskah Ikrar dan Naskah Plantikan oleh Ketua DKD Gerakan Pramuka 07 Bengkulu dan Ka. Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu.

Pelantikan Kepengurusan DKD dihadiri oleh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, Saka Bhayangkara, Kapolda Bengkulu, Wirakarya, Saka Wirakartika, Saka Bahari, Perwakilan Kakanwil Kementerian Agama RI, Kepala Dinas, pengurus DKD Gerakan Pramuka 07, Pengurus Pusinfo Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, Kwartir Cabang (Kwarca) dan para tamu undangan yang ikut hadir.

Hamka mengatakan, Dewan Kerja Daerah adalah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan, tingkat Kwartir Daerah yang beranggotakan, pramuka penegak dan juga pramuka pandega (putra dan putri), sebagai bagian integral dari Kwartir Daerah yang diberi wewenang dan kepercayaan untuk mengelola, membina sesuai dengan prinsip dan bimbingan orang dewasa, yang pengelolaannya bersifat kolektif dan kolegial. Dewan Kerja Daerah juga, merupakan garda terdepan dari gerakan pramuka dimanapun posisi mereka saja. Hal ini dikarenakan DKD adalah gerbang, untuk melaksanakan berbagai program kegiatan, baik dikegiatan nasional maupun kegiatan di daerah. Pekerjaan DKD yaitu, melaksanakan seluruh urusan kegiatan baik internal maupun eksternal dalam organisasi kepramukaan.

“Dewan Kerja Daerah akan melaksanakan tugas Kwarda atau Kwartir Cabang (Kwarcab). DKD ini nanti akan berada di garda depan. Kwarda dan Kwarcab hanya membuat kebijakan, yang melaksanakan seluruh program nanti DKD. Dewan kerja ini memang masih muda dan anggotanya dari penegak dan pandega.”

Kemudian ia menyebutkan, bahwa Kwarda Pramuka Provinsi Bengkulu ini, berada diurutan ke 7 se-Indonesia di Kwartil Nasional (Kwarnas). Oleh karenanya, Hampka berpesan bahwa peringkat ini harus dipertahankan dan dikembangkan dari berbagai kemampuan, secara profesional dalam menggerakan organisasi pramuka di Provinsi Bengkulu.

Ia menegaskan, terkhusus Dewan Kerja Daerah yang sudah dilantik, mereka harus maksimal dalam bekerja dan mengetahui tugas pokok serta fungsi dari masing-masing tugas yang sudah diberikan. Mengingat, tahun ini Provinsi Bengkulu rencananya akan menjadi tuan rumah secara Nasional dalam kegiatan Kemah Belanegara.

“Tahun ini in shaa Allah kita akan menjadi tuan rumah Nasional Kemah Belanegara. Dengan itu DKD Tahun ini harus bekerja lebih maksimal, memahami, dan mengetahui apa yang akan dilakukan. Karena, akan menjadi panitia/garda depan pelaksanaan event-event Nasional nanti. Berbeda dengan DKD masa bakti sebelumnya yang hanya melaksanakan tugas-tugas internal dari organisasi kepramukaan Provinsi Bengkulu saja.”(Mg-4)

Tags :
Kategori :

Terkait