Alur Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022 Seperti Ini

Selasa 15-02-2022,12:21 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 dibuka pada hari Senin pukul 15.00 WIB. Pendaftaran SNMPTN dibuka mulai 14 hingga 28 Februari 2022. Manager SNMPTN 2022, Riza Satria Perdana mengatakan bahwa terdapat empat tahap pendaftaran SNMPTN 2022. “Pengisian pilihan masuk perguruan tinggi mana dan prodi apa, kedua portofolio, ketiga prestasi, dan terakhir finalisasi,” ujar dia secara daring, Senin (14/2).

Calon peserta dapat masuk melalui website snmptn.ltmpt.ac.id dengan mengisi email dan kata sandi yang digunakan saat membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Untuk tahap ini, hanya siswa eligible lah yang dapat membuat akun.

“Yang bisa masuk, yang boleh login itu siswa yg dinyatakan eligible oleh sekolah dan sekolah sudah melakukan finalisasi. Siswa juga harus sudah punya dan permanenkan akun LTMPT,” ujar dia.

Setelah login, akan tampak profil siswa yang berisikan informasi nama siswa dan asal sekolah. Kemudian, para peserta juga dapat segera memilih PTN dan program studi (prodi) yang dituju. “Ada prodi yang barisnya dihitamkan, artinya prodi itu tidak boleh dipilih karena lulusan sekolah tidak sesuai dengan prodi,” tambahnya.

Mereka juga dapat memilih dua prodi, dengan catatan satu prodi yang dipilih merupakan perguruan tinggi yang satu provinsi dengan asal sekolah. Apabila hanya memilih satu, maka dibebaskan untuk bebas memilih perguruan tinggi.

''Kemudian masuk di bagian portofolio, ini hanya untuk program seni dan olah raga. Jadi, kalau para siswa memilih prodi yang tidak mensyaratkan portofolio, maka langsung muncul informasi tidak perlu unggah portofolio,” kata Riza.

Untuk calon mahasiswa dari prodi seni dan olah raga, mereka diminta mempersiapkan portofolionya dan berkas-berkas yang disyaratkan. “Harus diperhatikan kebutuhannya apa. Misal kalau videoo dia maksimal 100 megabyte. Itu semua ada panduannya di situs LTMPT,” ungkapnya.

Setelahnya adalah pengisian prestasi yang sifatnya tidak wajib atau bisa dilangkahi apabila tidak ada. Sementara, bagi siswa yang memiliki prestasi, maka hanya bisa menyertakan tiga file bukti prestasi terbaik dengan tingkat prestasi paling rendah di kabupaten atau kota.

“Pertama file prestasi perlu diunggah, berikan deskripsi misal ini juara satu lomba apa tingkat nasional misalnya. Apakah prestasi ini individu atau kelompok,” jelasnya.

Terakhir adalah tahap finalisasi yang menandakan proses pendaftaran SNMPTN lengkap. Tahap ini akan kembali menampilkan pilihan prodi dan perguruan tinggi pendaftar hingga berkas yang diunggah yang juga akan ada pernyataan yang harus disetujui dalam bagian finalisasi tersebut.

“Ada konsekuensi yang melekat seperti harus mendaftar kalau diterima. Kalau tidak daftar, maka akan ada efek ini-itu, tidak bisa daftar UTBK SBMPTN. Kalau sudah semua silahkan menyetujui dan finalisasi,” sebut dia. Para peserta juga dapat mengunduh kartu registrasi untuk disimpan sebagai bukti pendaftaran SNMPTN 2022. “Kalau sudah ya selesai, tinggal menunggu pengumuman 29 Maret 2022,” pungkasnya.(JP)

Tags :
Kategori :

Terkait