Sekolah Gratis dan Unggul di Olahraga Itu Hanya di SMANKO Bengkulu

Kamis 17-02-2022,07:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

  radarbengkuluonline.com, BENGKULU – SMA Negeri Keberbakatan Olahraga (SMANKO) Bengkulu, merupakan salah satu sekolah yang mawadahi, mendidik, dan melatih siswa-siswi Bengkulu dengan bakat yang sudah dimiliki dalam bidang olahraga, hingga menjadikannya atlet nasional maupun internasional. Dengan menyandang Akreditasi A, SMANKO Bengkulu mampu menghasilkan atlet-atlet berbakat setiap tahunnya.

Sekolah ini berlokasi di Jalan Raya Halmahera No.01, Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMANKO Bengkulu, Fifie Novrianti, S.Pd menuturkan, sekolah ini memiliki 16 cabang olahraga. Yaitu, Angkat Besi, Atletik, Futsal, Gulat, Karate, Tinju, Taekwondo, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bola Volly, Volly Pasir/Pantai, Wushu, Renang, Senam Ritmik, Pencak Silat, dan Sepak Bola. SMANKO Bengkulu ini, termasuk Boarding School, karena siswa-siswi yang bersekolah disana tinggal dan menetap di asrama yang sudah disediakan. Walaupun demikian, biaya tempat tinggal di asrama gratis.

Selain itu juga, paparnya, biaya pendidikan, biaya makan, dan biaya pakaian sekolah juga digratiskan. “Di SMANKO ada 16 cabang olahraga. Jadi, SMANKO ini bisa dikatakan Boarding School. Disini terdapat 2 asrama putra dan putri, sehingga mereka diwajibkan untuk tinggal di asrama masing-masing. Biaya SPP, biaya asrama dan biaya makanpun tidak bayar. Oleh karena itu, bagi siswa-siswi sudah masuk ke sini, akan mendapat fasilitas dengan biaya pendidikan, tempat tinggal, makan, dan pakaian 5 stel setiap tahun gratis. Untuk makan 3 hari sekali 4 sehat 5 sempurna, guna menjaga stamina,” tutur Fifie saat dihubungi radarbengkuluonline.com  Rabu, (16/02/2022).

Sementara itu, sistem belajar di SMANKO Bengkulu ini sangatlah profesional dan terkontrol. Fifie mengatakan, dengan mengunggulkan pendidikan olahraga, siswa siswi disini juga dituntut untuk mengikuti pendidikan akademik sekaligus setiap harinya dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu. Seperti pelajaran di SMA pada umumnya. Siswa siswi dibagi waktu untuk belajar pendidikan olahraga dibidangnya masing-masing sebanyak 60% dan di akademik sebanyak 40%. Terdapat 7 ruang kelas yang ada di SMANKO. Diantaranya kelas X IPA/IPS, kelas XI IPA/IPS, kelas XII IPA dan kelas XIII IPS 1,2, dengan total 127 siswa.

“Jadi, mereka salat subuh paginya, dilanjutkan jam 06.00-07.30 pagi itu latihan. Setelah selesai, mereka sarapan, mandi dan siap-siap untuk belajar sama seperti di pelajaran SMA pada umumnya, matematika, fisika dll. Dari jam 08.30 masuk kelas sampai dengan zuhur belajar di kelas. Kemudian zuhur pulang, makan, salat, istirahat. Kemudian langsung siap latihan olahraga lagi sampai sore jam 6. Setiap hari, hari Minggu baru istirahat. Mereka latihan di GOR sekolah terkadang juga di luar, bus sekolah yang mengantarkan.”

Perlu diketahui juga, terdapat guru akademik dan guru pelatih yang mengajar di SMANKO Bengkulu. Guru akademik berjumlah 20 orang. Sedangkan guru pelatih berjumlah sekitar 22 orang. Guru akademik ini berasal dari Kemendikbud Provinisi Bengkulu dan guru pelatih/kecabangan didatangkan dari Dispora.

Adapun sarana prasarana yang terdapat di SMANKO Bengkulu, terdiri dari Ruang kelas, Ruang Laboratorium (Fisika, Kimia, dan Biologi), Ruang UKS, Asrama Putra-Putri, Musala, Kantin, Ruang Pertemuan, Perpustakaan, Gor, Bus Sekolah, Komputer, dan masih banyak lagi. “GOR ini digunakan untuk olahraga. Seperti senam, volly, futsal, takraw, dan gym.” (Mg-4)

Tags :
Kategori :

Terkait