Hamka Sabri: Kabupaten Kota Layak Anak Masih Naik, Turun

Sabtu 19-02-2022,16:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, selaku Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Provinsi Bengkulu menargetkan 4-6 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bengkulu menjadi Kabupaten Kota Layak Anak di Tahun 2022. Hal ini, ia sampaikan pada saat memberikan kata sambutan, sekaligus membuka kegiatan bimbingan teknis bagi operator serta penanggung jawab program Kabupaten Kota layak anak se-Provinsi Bengkulu, yang diselenggarakan oleh DP3APPKB Provinsi Bengkulu di Hotel Madelin Bengkulu, jalan Bakti Husada No.88, Kelurahan Lingkar Barat, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Jumat kemarin (18/02/2022) .

Kabupaten Kota layak anak ini, lanjutnya,  sangatlah penting. Karena, sesuai dengan data statistik 1/3 penduduk bangsa Indonesia itu adalah anak-anak. Dengan demikian, anak ini yang nantinya akan meneruskan perjuangan-perjuangan dimasa depan.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa diskusi tentang Perlindungan Anak dan Kabupaten Kota layak anak, mestinya menjadi pokok utama dalam pembahasan dan menjadi prioritas yang paling utama. “Kota layak anak ini sangat penting. Kalau tidak berhasil mendidik/merumuskan anak-anak ⅓ dari penduduk negara Indonesia, maka akan ada kemungkinan mengalami kegagalan dimasa depannya.”

Hamka mengatakan juga, bahwa pemerintah pusat sudah membuat program atau arahan tentang Kabupaten Kota layak anak se-dunia. Mereka membuat program sampai Tahun 2030 seluruh Kabupaten Kota di dunia harus menjadi Kabupaten Kota layak anak. Oleh karena itu, ia mengharapkan 10 Kabupaten Kota di Provinsi Bengkulu di Tahun 2030 sudah menjadi Kabupaten layak anak. “Program dunia itu 2030 seluruh dunia ini harus menjadi kota kayak anak 2030. Beberapa tahun yang lalu, di Bengkulu sudah terdapat 4 Kabupaten Kota layak anak tingkat pratama. Lalu kemudian di 2021 itu turun, hilang 2 dan sekarang tinggal 2 lagi. Semestinya target kita tidak turun, paling tidak kita bertahan. Di Tahun 2030 semoga Kabupaten Kota di Bengkulu akan menjadi Kabupaten Kota layak anak semuanya.”

Lanjutnya, kriteria penilaian Kabupaten Kota layak anak dulu lebih dari 30, dan sekarang kriterianya diturunkan menjadi 24 kriteria. Pemerintah pusat akan melakukan evaluasi dan penilaian terhadap Kabupaten Kota se-Provinsi Bengkulu mengenai Kabupaten Kota layak anak di tahun 2022 ini. “24 ini hasil survei dunia. Kalau memenuhi 24 kriteria ini, maka Kabupaten Kota di Provinsi Bengkulu, bisa menjadi Kabupaten Kota layak anak.”

Tugas kita berat, dalam artian pemerintah pusat akan melakukan evaluasi dan penilaian kepada kita terhadap kota/kabupaten layak anak di tahun 2022 ini. Selaku ketua gugus KLA, Hamka mengajak kepada rekan-rekan DP3APPKB dan seluruh pihak terkait, agar anak-anak di Provinsi Bengkulu, betul-betul dididik dan diperhatikan. “Tidak usah sampai tahun 2030. Tahun 2026-2027 semoga seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Bengkulu bisa menjadi Kabupaten Kota layak anak,” tutur Hamka. (Mg-4)

Tags :
Kategori :

Terkait