Objek Wisata Kota Tuo Itu Menarik dan Bersejarah

Kamis 24-02-2022,19:11 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Kawasan Kota Tuo yang berada di Kelurahan Pasar Bengkulu, Kota Bengkulu merupakan salah satu objek wisata di Kota Bengkulu yang baru diresmikan sejak 1 Oktober 2021 lalu.

Wisata ini diberi nama "Kota Tuo" yang ternyata memiliki sejarah di balik nama tersebut. Menurut cerita para sesepuh dahulu, tempat ini sudah ada sejak zaman penjajahan dahulu dan merupakan kota tertua hingga saat ini di Bengkulu. Mulyadi selaku Ketua 1 di Kelurahan Pasar Bengkulu juga menuturkan, "Sebelum adanya Benteng Marlborough, benteng pertama adalah Benteng York yang dibangun pada zaman penjajahan kolonial Inggris ada di Pasar Bengkulu ini," ujarnya saat dihubungi radarbengkuluonline.com Rabu (23/2).

Bahkan, lanjutnya, adanya tugu perjuangan ditempat wisata ini juga sebagai bukti perjuangan rakyat Pasar Bengkulu pada waktu itu melawan penjajah kolonial Inggris.

Oleh sebab itu, wisata ini diberi nama Kawasan Kota Tuo. Tak hanya memiliki cerita sejarah yang sangat menarik, namun wisata ini juga memberikan pemandangan yang tentunya berbeda dari wisata wisata lainnya yang ada di Kota Bengkulu.

Kebanyakan yang orang tahu, Bengkulu terkenal dengan pemandangan pantainya. Namun di wisata ini, memiliki pemandangan sawah dan juga sungai yang elok dan memanjakan mata.

Selain itu, ada pula pusat kuliner serta wisata susur sungai."Wisata susur sungai ini dibanderol dengan harga Rp 15 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak -anak. Ini juga bisa di nego. Apalagi kalau beramai-ramai. Karena bukan masalah materi, tapi tujuannya untuk memperkenalkan wisata airnya terlebih dahulu," Ujar Mulyadi.

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga sangat bersih dan dijaga. Karena pada dasarnya juga wisata ini dibuat untuk mengatasi kekumuhan dari tempat tersebut. Bahkan pemerintah Kota Bengkulu juga menegaskan untuk tetap menjaga kebersihan disana. Sesuai dengan motto mereka, Bersih, Aman dan Nyaman.

"Itu hal paling penting, agar orang tetap mau datang kesini. Maka, harus kami jaga kebersihan itu biar pengunjung juga merasakan aman dan nyaman saat datang kesini, agar mereka juga terkesan," tuturnya.

Salah seorang pengunjung, Maria Ulfa, guru SMA 7 Kota Bengkulu juga merasa terkesan dan menyukai tempat wisata satu ini. Menurutnya, objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri dan cukup menarik untuk dijadikan tempat rekreasi.

"Lumayan bagus, selain bisa melihat pemandangan. Disini juga aman untuk orangtua membawa anak anak karena tidak dipinggir jalan besar," ujar Maria. Ia juga menambahkan, untuk fasilitas yang ada di wisata ini perlu untuk ditingkatkan. (Mg-3)

Tags :
Kategori :

Terkait