Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Ini Pesan Menag Yaqut

Kamis 03-03-2022,11:23 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, JAKARTA -  Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan selamat Hari Raya Nyepi untuk umat Hindu. Pada hari suci ini, umat Hindu melakukan Amati Geni (tidak menggunakan dan menghidupkan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). “Saya mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada saudaraku seluruh umat Hindu di mana pun berada,” kata Menag Yaqut, Kamis (3/3).

Menurut Menag Yaqut, umat Hindu memiliki banyak nilai positif yang bisa digali dan diamalkan dalam menjalani kehidupan. Nyepi tahun ini bisa menjadi momentum untuk menggali makna sekaligus mengaktualisasikan nilai-nilai luhur. Salah satunya adalah Tattwam Asi.

“Tat Twam Asi bermakna aku adalah engkau. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi. Perkuat moderisasi,” jelasnya.

Saat Hari Raya Nyepi ini, Menag Yaqut berharap umat Hindu mampu menerapkan tema ‘Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam moderasi beragama menuju Indonesia tangguh’ di kehidupan sehari-hari. “Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam, maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan,” pungkas Menag Yaqut.(FIN)

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini