Jelajah Nusantara Hadirkan Artefak Rasulullah di Seluma

Selasa 08-03-2022,20:36 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Radarbengkuluonline.com, SELUMA - Belasan artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW akan dihadirkan di Seluma pada Selasa (15/3) yang akan datang. Barang-barang bernilai sejarah tersebut akan tiba dan dipamerkan di rumah anggota DPRD Seluma, Samsul Azwajar S.Sos di depan Kantor Camat di Kelurahan Dermayu Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma selama satu hari. Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Seluma, Tamyiz mengatakan sejumlah peninggalan bersejarah yang dipamerkan itu diantaranya rambut, sorban milik Nabi Muhammad SAW, bekam darah nabi, tongkat dan sebelas benda artefak Rasulullah lainnya.

"Dipilih di rumah sahabat Samsul Azwajar di Kelurahan Dermayu karena di Seluma tidak ada pondok pesantren yang strategis di pinggir jalan raya. Selain itu, beliau yang sanggup untuk membantu menalangi sementara untuk biaya pelaksanaan pameran artefak Rasulullah," ujar Ketua GP Ansor Seluma, Tamyiz, Senin (7/3) malam.

Ditambahkan Tamyiz, program jelajah Nusantara Festifal Artefak Rasulullah tersebut sudah berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia, dan akan singgah di Kabupaten Seluma setelah sebelumnya berada di provinsi Lampung.

"Di provinsi Bengkulu khususnya, ini untuk pertama kalinya, tiba di Seluma kemudian berlanjut ke Kotamadya" ujarnya.

Belasan artefak tersebut berasal dari Galeri Warisan Museum Artefak Rasulullah (MAR) Malaysia yang dimiliki oleh Prof. DR. H. Abdul Manan Embong (Almarhum), arkeolog dan atnolgi.

"Untuk mendatangkannya, Pengurus PBNU telah mengeluarkan infaq sebagai jaminan kepada South East Asia Islamic Artifac Exhibition lebih kurang Rp 4,5 M. Sehingga dalam program jelajah nusantara setiap titik festifal diupayakan senilai Rp 35 juta" sampai Tamyiz.  Artefak Rasulullah tersebut mempunyai kedudukan penting bagi umat Islam sehingga dapat mengenalnya lebih nyata. Melalui pameran dan tabarukan, umat islam dapat berharap keberkahan, seperti yang dilakukan para sahabat dan umat islam dapat mengambik pelajaran merawar artefak sejarah.

"Bagi masyarakat yang ingin bertabarukan dan melihat langsung artefak Rasulullah, dapat berinfaq ke panitia sebesar Rp 50 ribu dan air tabarukan Rp 20 ribu," sampainya. Sebagai syarat masuk, jamaah diminta menerapkan protokol kesehatan, memakai peci atau kerudung putih, pakaian serba putih dan suci dari hadats kecil dan besar. (One)

Tags :
Kategori :

Terkait