Pemdes Lubuk Saung Lakukan Normalisasi Siring untuk Wujudkan Desa Sehat

Selasa 06-09-2022,17:53 WIB
Reporter : Berlian
Editor : Yar Azza

 

 ARGA MAKMUR, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pemerintah Desa Lubuk Saung, Kecamatan Kota Arga Makmur,  Kabupaten Bengkulu Utara melakukan normalisasi irigasi sungai milik Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) tahap 2.

Normalisasi irigasi sungai Pemprov ini dilakukan Pemdes setelah mendapat persetujuan dari Pemprov melalui Dinas terkait. Hal ini dilakukan agar bebas dari sampah dan pencegahan dini terjadinya musibah kebanjiran. 

Tak hanya bersih dari sampah, Pemdes Lubuk Saung juga membagikan bibit ketahanan pangan berupa sayur-sayuran. Seperti tomat, cabe dan terong. Hal ini juga agar desa menjadi asri dengan menanam sayuran-sayuran di pekarangan rumah.

Selain itu, Pemdes Lubuk Saung juga mendapatkan bantuan motor dinas roda tiga dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara untuk mengangkut sampah.


Kebersamaan Kades dan Ibu-ibu usai bersihkan Sungai-Berlian-

 

Kepala Desa Lubuk Saung, Kadi Ismanto mengatakan, normalisasi siring yang dilakukan oleh Pemdes Lubuk Saung ini memanfaatkan kaum ibu-ibu,  dikarenakan sampah yang banyak disaluran irigasi merupakan sampah rumah tangga.

 BACA JUGA:Warga Mekar Sari Gantung Diri di Sumur

"Normalisasi siring ini bukan gotong-royong ya. Ini merupakan realisasi Dana Desa tahap 2. Memang betul ini siring milik Pemprov, namun kita telah minta izin kepada Dinas Terkait, sehingga kita Pemdes bisa melakukan normalisasi," jelas Kades. 

 BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (53)

Kades juga mengatakan, dalam pekerjaan normalisasi siring ini turut dipantau langsung oleh Kadis DLH BU, Alfian yang mengapresiasi kegiatan oleh Pemdes Lubuk Saung. 

 

 

Kategori :