Menegakkan Keadilan dan Rasa Persaudaraan

Senin 17-06-2024,01:15 WIB
Reporter : Adam
Editor : Azmaliar Zaros

Solidaritas kepada kaum muslimin di Palestina bukanlah sekadar simpati sesama muslim belaka, namun ia adalah panggilan hati untuk berdiri di sisi  kemanusiaan.

Bila kita bersama-sama menyuarakan perlawanan atas ketidakadilan ini, maka kita dapat menjadi juru bicara persaudaraan dan kasih sayang, sekaligus pengingat bagi dunia bahwa perjuangan mereka harus  ditanggapi dengan tindakan. Hanya dengan solidaritas yang kuat dan tindakan  nyata, kita dapat memberikan harapan bagi kaum muslimin di Palestina.

 

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahil Hamd.

Hadirin jamaah Idul Adha Yang Berbahagia

Selain sebagai bentuk ibadah dan ketundukan kepada Allah SWT, sarana meraih ganjaran dan pahala yang sangat besar, ajaran hidup Islami juga sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Bahkan lebih tinggi dari nilai-nilai kemanusian yang dikenal saat ini. Hal itu karena Islam adalah agama kasih sayang yang menjadi rahmat bagi seluruh alam. 

Islam menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan, dan melarang keras tindakan kebencian dan perpecahan. 

 

Adanya perintah untuk berkurban, selain sebagai sebuah ibadah kita kepada  Allah Ta’ala, perintah ini juga memberikan pesan pendidikan untuk saling  berbagi kepada sesama. Sebagai seorang muslim, kita tidak boleh cuek dan menutup mata ketika melihat tetangga dan masyarakat kita dalam keadaan lapar dan kesusahan. Kita diwajibkan untuk peduli, memberikan uluran tangan, berusaha membantu siapapun yang memerlukan bantuan.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya : “Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya, dia tidak  menzaliminya dan tidak membiarkannya disakiti. Siapa pun yang membantu  keperluan saudaranya maka Allah akan membantu keperluannya.(HR. Muslim)

 

Ibadah kurban merupakan wujud kepedulian sosial. Dengan berbagi daging  kurban kepada yang membutuhkan, kita dapat mempererat tali persaudaraan,  mengurangi kesenjangan sosial, dan membantu meringankan beban hidup  sesama. Selain memperoleh pahala besar, berkurban juga mengajarkan  kesalehan, kedermawanan, kepedulian sosial, dan rasa kasih sayang kepada umat  Islam. 

Iman mengantarkan kita kepada kasih sayang diantara sesama. Kasih sayang membawa kita kepada kebersamaan. Keimanan yang kuat kepada Allah SWT dapat mengumpulkan urusan-urusan yang berserakan dan menyatukan hati-hati yang bermusuhan.  Sementara kasih sayang menjadikan kita tidak jemu menebar kebaikan dimanapun kita berada.

Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan untuk meneguhkan keyakinan, menjadi pribadi-pribadi yang shaleh dan selalu menebar kebaikan.

 

Kategori :