Mengembalikan Kejayaan Bengkulu Lewat Jalur Rempah yang Terkenal di Dunia

Kamis 26-09-2024,11:22 WIB
Reporter : Raditya Farosta
Editor : Syariah muhammadin

 

Realistis dan relevan. Argumen dari para pakar mengembalikan kejayaan Bengkulu lewat rempah ini sangat memungkinkan. menggaungkan rempah untuk masa epan itu rasional. Karena berkaca dari sejumlah bukti dan catatan abad lampau Bengkulu kaya dan jaya dikenal lewat rempah tak terbantahkan. 

 

"Saya pernah di Belanda. Dan ini contoh. Dia (Belanda) cukup kapital. dari rempah Indonesia untuk membangun Belanda. Tahu ya? pengahilsan rempah kita mereka bisa bangun infrastruk dll di negaranya. Itu sangat rasional dan masuk akal. Lenapa kita tidak bisa ? " katanya. 

 

Sambung Prof Sarwit, persoalanya bagi kita, apakah kita punya metode dan perhitungan yang tepat. dan pengaruh besar terhadap keputusan politik. Misalkan soal HGU, dll. Pemerintah harus berpihak kepada petani, pekebun. 

 

Bengkulu masih memungkinkan mengembalikan kejayaan rempah di Bengkulu, faktornya adalah Bengkulu tidak berubah iklim, dan kesuburan tanahnya untuk rempah. 

 

"Tahun 1986 saya datang ke Bengkulu, mulai dari simpang pantai sampai ke ujung itu cengkeh semua, tidak mungkin pada masa tahun 50 an orang tanam cengkeh tidak produktif. Lalu dulu, catatan arsip Inggirs dan Belanda sudah ada potensi itu dan itu tidak di buka pada kita. Lalu metode pemberdayaannya dll, saya kira itu kebijakan politik. Apakah kita mau hidup dari sawit atau kita hidup dari rempah," ucapnya. 

 

Kedepan, perlu menariskan bahwa untuk Bengkulu agar kenang dan dikenal sebagai jalur rempah, Bengkulu harus unggul dalam produksi rempah. Cengkehnya hidup lagi, lada, pala, tumbuhan obat lain ditanam masal dan diproduksi jadi program daerah. 

Ada contoh daerah yakni program daerah tanam daun kelor, 

Kenapa Bengkulu tidak pohon kandis, atau asam kandis, atau pinang yang endemik yang bisa didorong sebagai komoditas unggul dan berkontribusi terhadap PAD, lalu kapula. itu semua bisa. 

 

Itu dari potensi jalur rempah. Pada masa kekinian, konektivitas jalur rempah ini juga berdampak baik bagi daerah. Untuk ekonomi dan pariwisata.

Kategori :