Mengembalikan Kejayaan Bengkulu Lewat Jalur Rempah yang Terkenal di Dunia

Kamis 26-09-2024,11:22 WIB
Reporter : Raditya Farosta
Editor : Syariah muhammadin

 

 

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah melalui Assiten I setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar saat seminar nasional konektivitas jalur rempah yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek Dikti di Bengkulu pada 24/9 mengatakan Bengkulu strategis. Bengkulu masuk dalam peta ekonomi nasional dan global. Konektivitas Bengkulu yang berada di pantai barat seumatera berada langsung di jalur perdagangan Samudra Hindia. 

 

dulu dan sekarang posisi pantai ini memungkinkan oleh daerah menjadi pintu gerbang ekspor rempah-rempah seperti pala lada dan cengkeh yang ditanam di daerah sumatera.

Lada merupakan Komoditas utama di Bengkulu, Catatan sejarah menunjukkan bahwa lada adalah Komoditas utama yang diekspor dari Bengkulu selama selama abad ke-17 dan abad ke-18 Bengkulu mampu memproduksi lada dalam jumlah besar. Bahkan kadang-kadang menyaingi hasil daerah penghasil lada lainnya di Sumatera. 

 

"Pemerintah Bengkulu menyambut baik kegiatan ini yang bertujuan untuk menggali informasi mengenai jalur rempah-tunggu dan memberikan edukasi secara lompat bagi masyarakat Bengkulu. 

Kategori :