Isu Gempa Megatrust, Yakesma dan Basarnas Berikan Edukasi Tanggap Bencana di SDN 42 Kota Bengkulu

Kamis 03-10-2024,14:37 WIB
Reporter : Adzkia Brilliantna
Editor : Azmaliar Zaros

radarbengkuluonline.id - Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) bekerjasama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) menyelenggarakan sosialisasi terhadap bencana di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 42 Kota Bengkulu yang beralamat di jalan Rambutan IV No. 69 Lingkar Timur, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi tanggap bencana, terutama mengenai isu yang sedang marak. Yaitu, gempa Megatrust. 

BACA JUGA:SDN 38 Kota Bengkulu Terpilih Menjadi Desiminator Program Peduli Pendidikan

BACA JUGA:Kondisi SDN 178 Seluma Memprihatinkan, Perumahan Guru Roboh, Ruang Kelas Bocor dan Nyaris Ambruk

 

Yahya,  narasumber dari Basarnas pada kegiatan ini menjelaskan mengenai potensi ancaman gempa Megatrust kepada siswa-siswi SDN 42 beserta dewan gurunya. Ia juga memberikan simulasi tentang penanganan pertama saat gempa terjadi. Seperti dengan melindungi kepala, menjauh dari kaca, pohon, dan bangunan. Kemudian, berlari ketempat yang aman. 

Agustina S.Pd, kepala  SDN 42  menyambut baik kegiatan seperti ini. Karena, selain memberikan pengetahuan, juga memberikan pelatihan khusus terhadap anak-anak secara langsung. Sehingga, anak-anak lebih antusias mengikuti kegiatan ini.

BACA JUGA:Heboh, Murid SD Bengkulu Tengah Temukan Jenazah Bayi Didalam Kantong Plastik

BACA JUGA:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan Dukung Program SDN 95 Sebilo

 
Foto bersama siswa, dewan guru, Basarnas, dan Yakesma-Adzkia Brilliantna -radarbengkulu

"Saya sangat menyambut baik kegiatan positif seperti ini. Karena, sangat mengedukasi kami dan terutama anak-anak. Karena sekolah kami kan banyak pepohonan. Jadi, melalui sosialisasi ini anak-anak tanggap terhadap bencana yang mungkin akan terjadi. Dan harapan kami supaya pemerintah, terutama Basarnas lebih banyak waktunya untuk mengedukasi pihak-pihak sekolah. Terutama siswa- siswi kita supaya anak-anak lebih cepat mengerti. Karena, jika mengandalkan materi disekolah kan terbatas, tapi kalau ada kakak-kakak dari Basarnas, in shaa Allah anak-anak kita lebih antusias dan cepat tanggap," ujar Agustina saat diwawancarai RADAR BENGKULU di SDN 42 pada Kamis, 3 Oktober 2024 saat selesai acara. 

Rukni Ningsih, seorang guru senior SDN 42 Kota Bengkulu juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena, selain lebih menarik, juga sangat berguna dan bermanfaat bagi anak-anak.

BACA JUGA: Murid MIN 1 Bengkulu Tengah Nonton Bareng Film Sejarah G30S PKI

BACA JUGA:MIN 2 Bengkulu Tengah Kembali Mengadakan Muhadarah

 

Kategori :