Penyaluran Tunjangan Profesi Guru dan Tamsil Triwulan IV Dimulai, Siap-Siap Cek Rekening

Minggu 27-10-2024,21:53 WIB
Reporter : windi junius
Editor : syariah muhammadin

Ia menegaskan bahwa upaya ini bertujuan untuk menghindari terjadinya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) yang pernah menjadi permasalahan pada tahun 2023 lalu. SILPA ini muncul ketika dana yang dialokasikan untuk tunjangan tidak tersalurkan sepenuhnya akibat keterlambatan atau kendala administrasi.

 

 

“Saya pastikan, tidak akan ada SILPA dari TPG tahun ini. Begitu dana diterima, kami akan langsung menyalurkannya ke rekening para penerima,” tegas Saidirman.

 

 

Kebijakan ini diambil untuk memastikan bahwa seluruh dana yang telah dianggarkan tepat sasaran dan tidak mengendap.

Sehingga, mendorong keberlangsungan layanan pendidikan di Bengkulu.

 

Sementara itu, untuk pencairan dana Tamsil Triwulan III, Disdikbud Bengkulu telah menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dengan total alokasi Rp 362 juta yang akan segera disalurkan kepada para penerima. Dalam waktu dekat, dana ini akan masuk ke rekening guru-guru yang memenuhi syarat.

Sedangkan untuk dana TPG, prosesnya masih menunggu kelengkapan administrasi yang kini berstatus “rekomendasi” dan membutuhkan beberapa tahapan lanjutan sebelum dapat mencapai tahap SP2D. 

Menurut Kepala Bidang Anggaran BPKD Provinsi Bengkulu, Rizqi Al Fadli, data terbaru menunjukkan bahwa status TPG saat ini masih dalam proses rekomendasi diaplikasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI).

“Dari aplikasi Kemenkeu RI, Tamsil hari ini sudah berstatus SP2D, sedangkan TPG masih dalam tahap rekomendasi,” ujar Rizqi 

Rizqi menambahkan bahwa Pemprov Bengkulu telah menerima alokasi dana Tamsil Triwulan III dari pemerintah pusat.

 Dengan adanya dana yang sudah siap cair, pihaknya hanya menunggu proses SP2D agar dana dapat segera didistribusikan kepada penerima.

“Jika sudah SP2D, dana sudah siap kita salurkan,” tandas Rizqi.

Kategori :