Bang Ken: Laksanakan APBD Dengan Lima T, Maka Kita Akan Sukses

Bang Ken: Laksanakan APBD Dengan Lima T, Maka Kita Akan Sukses

RBO, BENGKULU - Masih banyaknya alokasi anggaran dalam APBD Provinsi Bengkulu pada tahun ini yang belum terealisasi menurut anggota Komite II DPD RI, H. Ahmad Kanedi, SH, MH segera laksanakan APBD tersebut dan terapkan konsep Lima T. Dimana realisasi tersebut merupakan kunci keberhasilan dalam pembangunan Provinsi, agar bisa keluar dari ketertinggalan dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Dalam masalah ini, harusnya sejak awal diterapkan 5 Tertib (5T). Bukan hanya pihak eksekutif, tetapi juga legislatif. "Tertib yang pertama tentu saja perencanaan. Makanya sejak awal harus dibuat perencanaan dan grand design yang baik juga. Tidak berjalannya sebuah kegiatan itu, bisa saja karena perencanaan yang kurang matang," ungkap Bang Ken, Kamis (6/9).

       Tertib kedua, lanjutnya, pelaksanaaan. Kemudian ketiga, tertib administrasi agar pelaksanaan kegiatan yang dilakukan tidak tersandung hukum. "Tertib keempat tentu saja keuangan yang bertujuan untuk menghindari adanya utang atau pembayaran berlebih. Terakhir barulah tertib pengawasan dan pelaporan," terangnya.

       Jika kelima tertib ini dilaksanakan, niscaya apa yang telah programkan dapat berjalan dengan baik demi keberhasilan pembangunan daerah. "Saya sebenarnya heran kenapa masih banyak kegiatan yang merupakan program pembangunan di provinsi ini belum terealisasi. Ini menunjukkan jika kita tidak mampu menggunakan. Padahal anggaran ada," sesalnya.

       Ia menambahkan, jadi faktanya Provinsi Bengkulu ini bukannya kekurangan uang untuk membangun, melainkan uang yang ada malah tidak bisa dibelanjakan. "Jadi kendalanya dimana. Kalau SDM saya rasa daerah kita tidak kekurangan. Kemudian masing-masing OPD harus bersungguh-sungguh dalam bekerja. Jangan dianggap remeh permasalahan ini," tutup mantan Walikota Bengkulu tersebut. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: