Masyarakat Miskin Dilatih Menjadi Pelaku Usaha

Masyarakat Miskin Dilatih Menjadi Pelaku Usaha

500 Warga Kota Bengkulu Terima Bantuan Modal Kube RPK

RBO, BENGKULU - Sebanyak 500 warga Kota Bengkulu menerima bantuan modal kelompok usaha bersama (Kube) rumah pangan kita (RPK). Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Dr drh H Rohidin Mersyah MMA menyerahkan bantuan ini, kemarin Rabu (03/10).

Menurutnya dengan bantuan ini diharapkan masyarakat yang tidak mampu dapat merubah status dari kemiskinan. Bahkan dapat merubah sikap prilaku usaha dalam perekonomian masyarakat tentunya.

"Nanti akan disiapkan barang oleh Bulog dengan material dengan total Rp 20 juta perkelompok. Paling tidak beras, gula dan telur bisa beli disana. Mereka mendapatkan keuntungan dengan berjualan, barang pangan tersedia tidak perlu kepasar. Berlatih menjadi pelaku usaha, dengan begini harapan lepas dari status kemiskinan," terangnya.

Bantuan diterima setiap per kelurahan, dengan satu kelompok menerima uang sebesar Rp 20 juta dibagi sebanyak 10 orang.

"Sekarang prilaku masyarakat yang dibina agar dalam keseharian mereka dapat produktif kedepannya," tambahnya.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Dr H. Iskandar ZO, SH, M.Si dana tersebut bersumber dari dana dekontrasi, kementerian sosial dan APBD. Untuk dana dekonsentrasi ini langsung masuk dalam rekening perkelompok sebesar Rp 20 juta. Ia juga mengatakan total untuk anggaran ditahun ini sebesar Rp 1 miliar.

"Untuk pencairan setiap kegiatan, maka uang Rp 20 juta itu dibelikan peralatan dagang dan barang sembako. Selain itu kita pantau karena setiap penyaluran harus disampaikan melalui media sosial whatssapp," ujarnya.

Sementara itu, dalam penyalurannya akan diawasi oleh pihak Direktorat Reskrim Khusus Polda Bengkulu. Pihaknya pun akan menindak lanjuti jika adanya masyarakat bahkan instansi yang bermain dalam penyaluran bantuan tersebut.

"Yang penting kita mengawasi, jika ada penyimpangan maka akan kita tegur," singkat Tarmizi yang juga merupakan juga Ketua Satgas Pangan ini. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: