Kawal Pileg dan Pilpres, PDIP Siapkan Lima Saksi per TPS

Kawal Pileg dan Pilpres, PDIP Siapkan Lima Saksi per TPS

Elva Hartati : Dua Pakai Mandat Resmi, Tiga Bayangan

RBO, BENGKULU – Untuk mengawal pesta demokrasi Pileg dan Pilpres tahun 2019, PDIP sebagai Parpol pemenang pemilu tahun 2014 lalu sangat serius untuk mempertahankan kemenangannya. Sebab itu, untuk mengawal Pileg dan Pilpres, PDIP akan menyiapkan minimal lima orang saksi di setiap TPS.

 “Hari ini, tadi kita sudah melaksanakan Rakor bersama badan saksi provinsi serta badan saksi di setiap DPC kabupaten/kota untuk dilatih dan diberi wejangan dalam merekrut saksi nanti,” ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu, Hj. Elvva Hartati Murman S.Ip, MM saat ditemui RADAR BENGKULU Minggu (14/10).

      Ditegaskan oleh anggota Fraksi PDIP di Senayan dari Bengkulu tersebut, dalam merekrut saksi nanti, PDIP ada kriteria dan syarat sendiri. “Nanti saksi kita, baik untuk Pileg dan Pilpres itu dari partai ada. Dan wajib, nanti selain saksi resmi yang menggunakan mandat, juga ada saksi bayangan. Jadi per TPS nanti, kita akan ada lima orang saksi. Tiga saksi bayangan dan dua saksi resmi yang mendapatkan mandat masuk dalam TPS,” tegasnya.

      Kenapa mereka ada lima saksi? Alasannya agar pengawalan terhadap proses pemilu dapat maksimal. “Supaya suara kita nanti gak dicurangi orang di TPS. Kemudian kalau dia menjadi saksi, artinya minimal dengan lima saksi kita sudah ada lima suara di TPS tersebut. Kemudian harapan kita ditambah lagi suara dari keluarga saksi, kalau masing-masing saksi saja ada dua suara, maka satu TPS sudah ada 10 suara. Jadi dengan semakin banyaknya saksi yang kita letakkan di setiap TPS nanti akan semakin meminimalisir kecurangan pemilu,” pungkas Elva. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: