Hebat, Dinas Dikbud Prov Borong 4 Penghargaan Nasional

Hebat, Dinas Dikbud Prov Borong 4 Penghargaan Nasional

RBO, BENGKULU - Hebat dan membanggakan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu mendapatkan empat penghargaan sekaligus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dari 10 kategori, Dinas Dikbud Prov berhasil menjuarai empat kategori. Yakni Peringkat tiga nasional kategori penyerapan anggaran dekonsentrasi SMA Terbaik, Kemudian Peringkat tiga terbaik kategori tata kelola pelaksanaan program dekonsentrasi SMA terbaik, lalu terbaik kedua kinerja pelaksanaan program PIP SMA terbaik dan terakhir adalah peringkat tuga terbaik kategori kinerja program tata kelola bantuan fisik SMA terbaik.

Prestasi ini luar biasa, dari 34 provinsi dan hanya Bengkulu dari pulau sumatera yang berhasil mendapatkan penghargaan. Hampir disetiap kategori Bengkulu diperhitungkan, mengalahkan provinsi hebat lain.

Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu, H. Budiman Ismaun, M.Pd dan Kabid Pembinaan SMA Zahirman Aidi, MTPD melalui staf bidang pembinaan SMA sekaligus sebagai BPP (Bendahara Pengeluaran Pembantu ) Dana Dekonsentrasi SMA, Muhin mengatakan, kerja terbaik dari tim ini dipersembahkan untuk dunia pendidikan Bengkulu.

"Alhamdulillah, kita dapat penghargaan yang diberikan langsung oleh Mendikbud RI yang diwakilkan oleh Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud pada tanggal 11 Desember lalu di Solo. Mengenai serapan anggaran, penyerapan anggaran dana dekonsentrasi SMA tahun ini mencapai 99,47 persen. Dari total anggaran yang kita kelola Rp 1,494 Miliar. Prestasi kita ditahun inipun meningkat, pada 2017 lalu kita hanya mendapatkan peringkat dua terbaik dari sisi penyerapan anggaran," kata Muhin.

Muhin yang dikenal sosok ramah dan etos kerja baik ini menjelaskan tim dari Kemendikbud RI khususnya bidang SMA selalu mematau kinerja kami. Panitia menilai kinerja dari laporan bulanan, laporan kegiatan, keaktifan kami kordinasi dan konsultasi disetiap program yang dijalankan.

Dana dekonstrasi ini dimanfaatkan untuk kegiatan pemberangkatan kawah kepemimpinan pelajar tingkat nasional di Bogor, lalu kemudian diseminasi program SMA, Bimtek Penguatan Peran Pengawas, Pemberangkatan OSN Tingkat nasional SMA di Padang, Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Tingkat SMA, Kegiatan FLS2N Tingkat Nasional SMA di Aceh, Kegiatan O2SN Tingkat nasional SMA di Yogyakarta, Kegiatan Penguatan pendidikan karakter siswa melalui kepramukaan tingkat nasional tahun 2018 di Cibubur Jawa Barat dan Rakor Pengembangan dan peningkatan mutu SMA thun 2019 - 2025.

"Empat penghargaan ini adalah semangat baru bagi kami kerja lebih keras lagi," tandas Muhin. (ae2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: