Sukses, KPU dan RADAR BENGKULU Berikan Informasi Utuh Soal Pemilu

Sukses, KPU dan RADAR BENGKULU Berikan Informasi Utuh Soal Pemilu

Darlinsyah: Pelaksanaan  Pemilu Kali Ini Berbeda

RBO >>  BENGKULU >>  Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai pemilih pada Pemilu serentak, 17 April 2019 ini,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Kamis, (4/4) menggelar pendidikan Pemilu di daerah potensi pemilih rawan konflik dan rawan bencana. Tepatnya di wilayah Kecamatan Kampung Melayu serta Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Acara ini kerjasama KPU dengan Harian RADAR BENGKULU.

Anggota Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si menyatakan, pendidikan Pemilu kepada masyarakat di daerah potensi pemilih rawan konflik di Kecamatan Kampung Melayu ini, bukan diartikan daerah rawan konflik. Tetapi berpijak dari latar belakang sebelumnya. Dimana diketahui masyarakat yang mayoritas bermata pencarian sebagai nelayan ini sebelumnya pernah berkonflik antara kelompok nelayan trawl dengan nelayan tradisional. Oleh karena itu dikatakan, KPU hadir untuk memberikan informasi yang utuh tentang teknis Pemilu 2019 ini kepada pemilih.

“Diketahui pelaksanaan Pemilu kali ini, berbeda dengan pada tahun 2014 lalu. Karena selain memilih pasangan calon Presiden dan Wakilnya, juga anggota legislatif mulai dari tingkat pusat hingga ke daerah. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi secara teknis kepada pemilih, dengan diharapkan, masyarakat dapat memahami secara jelas dan gamblang. Sehingga tingkat kesalahan pada saat proses pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bisa diminimalisir. Begitu juga dengan tingkat partisipasi pemilih bisa lebih meningkat ketimbang Pemilu sebelumnya,” ungkap Darlinsyah, kemarin.

Sementara dalam pelaksanaan pendidikan Pemilu KPU Provinsi di wilayah Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu yang bekerjasama dengan Harian RADAR BENGKULU INDEPENDEN ini, berlangsung atraktif. Dimana Darlinsyah sebagai pihak penyelenggara Pemilu memaparkan tentang teknis Pemilu, dilanjutkan dengan tanya jawab dari masyarakat. Bahkan bagi pemilih yang bertanya kepada pihak KPU, diberikan doorprize berupa gelas, jam dinding, payung dan lain sebagainya.

“Kami dari KPU mengingatkan kembali masyarakat agar dapat menggunakan hak politiknya pada 17 April ini, sesuai dengan pilihan masing-masing. Termasuk ikut mengawasi jalannya Pemilu di wilayahnya masing-masing,” tutup Darlinsyah.

Adapun untuk pendidikan pemilu di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, dengan tema pendidikan pemilih rawan bencana dimana pihak penyelenggara pemilu juga menyampaikan sosialisasi terhadap warga masyarakat setempat dengan narasumber dari komisioner KPU Provinsi Bengkulu lainnya.  Acara ini digelar Kamis siang . Materinya, pendidikan pemilih bagi pemilih daerah rawan bencana. Acara ini berlangsung sukses. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: