Air Padang Bengkulu Utara Bakal Bangun Sumur Bor

Air Padang Bengkulu Utara Bakal Bangun Sumur Bor

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Desa Air Padang, Kecamatan Lais, Bengkulu Utara (BU) terus menggeliat menata wajah desa mereka dengan pembangunan insfratruktur desa serta sarana dan prasarana di desa ini dari realisasi APBDes yang ada maupun dari sumber APBD BU, Provinsi, bahkan APBN.

Menurut Kades Air Padang, Muksin saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya, realisasi APBDes tahun 2018 lalu telah dirampungkan dengan tepat waktu, tepat manfaat, tepat aturan dengan pola padat karya tunai, (PKT). Begitu pula kegiatan peningkatan kapasitas lewat pendidikan, pelatihan, penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat desa dan jalannya roda pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan prima dan tata kelola administrasi pemdes secara transparan dan akuntabel.

Dipaparkan Kades Muksin, saat ini desanya memiliki penduduk sebanyak 327 jiwa, dan 98 Kepala Keluarga ( KK ). Untuk rencana realisasi rencana pembangunan tahun ini, berangkat dari dokumen RKP yang ada, pemdes masih memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana dan insfatruktur yang masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

Adapun yang menjadi prioritas untuk dibangun tahun 2019 ini, yaitu sumur bor 3 titik dusun II,Pembukaan Badan Jalan Panjang 118 Meter di dusun I, Pemberdayaan Posyandu, PKK, Kelompok Tani, Karang Taruna, Adat, Agama, Pelatihan/ Pembinaan Perangkat Desa, BPD, Prodeskel, Siskuedes, Sipades. Sedangkan pembangunan tahun 2018 lalu, yaitu Sumur Bor 4 titik dusun I, Pelengsengan Sungai 20 Meter dusun II, Pelapis Tebing/ Tribun dusun II , sarana dan Prasarana Olahraga Lapangan Futsal dusun II.

Sedangkan untuk pemberdayaan tak terpisahkan dari pembangunan di Desa Air Padang, Kecamatan Lais ini, pemberdayaan lembaga masyarakat, kewirausahaan serta pemberdayaan lainnya, harapan pemerintah desa untuk masyarakat Desa Air Padang agar warganya dapat menikmati dan menggunakan sarana dan prasana dengan sebaik – baiknya.

‘’Pemdes Air Padang meminta kerja samanya kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat insfrastruktur yang sudah disediakan oleh pemerintah desa Air Padang. " (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: