Genting Perangkap Bangun Rabat Beton dan Listrik Tenaga Surya

Genting Perangkap Bangun Rabat Beton dan Listrik Tenaga Surya

RBO >>   ARGA MAKMUR  >>   Desa Genting Perangkap, Kecamatan Air Besi, Bengkulu Utara (BU) di bawah kepemimpinan kadesnya, Dedi Hermanto terus menggeliat menata wajah desa mereka dengan pembangunan infrastruktur desa serta sarana dan prasarana di desa ini dari realisasi APBDes yang ada maupun dari sumber APBD BU, bahkan provinsi.

      Menurut Kades Genting Perangkap saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya kemarin, mengatakan, realisasi APBDes tahun 2018 lalu telah dirampungkan dengan tepat waktu, tepat manfaat, tepat aturan dengan pola padat karya tunai ( PKT).

       Begitu pula kegiatan peningkatan kapasitas lewat pendidikan, pelatihan, penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat desa dan jalannya roda pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan prima dan tata kelola administrasi pemdes secara transparan dan akuntabel.

      Dipaparkan Kades Dedi Hermanto, saat ini desanya memiliki penduduk sebanyak 330 jiwa, dan 107 Kepala Keluarga ( KK).

      Untuk rencana realisasi rencana pembangunan tahun ini, berangkat dari dokumen RKP yang ada, pemdes masih memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana dan infrastruktur yang masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

      Adapun yang menjadi prioritas untuk dibangun tahun 2019 ini, yaitu rabat beton dusun I, dengan  panjang : 400 meter dan lebar 2 meter, rabat beton dusun II dengan panjang 790 meter dan lebar 16 cm, Lampu Tenaga Surya/ Penerangan Jalan, pemberdayaan guru PAUD.

      Sedangkan pembangunan tahun 2018 lalu, yaitu rabat beton dusun I dengan panjang 140 meter dan lebar 2,5 meter,  rabat beton dusun II panjang 699 meter dan  lebar 2,5 meter, keramik teras Masjid ( silpa ), ADD Pasang Pelapon Masjid ,Pemberdayaan Posyandu, Pemberdayaan Lembaga Adat,PKK, Agama,TPQ,Pelatihan Perangkat Desa,BPD, dan penyuluhan Narkoba.

Sedangkan untuk pemberdayaan tak terpisahkan dari pembangunan di Desa Genting Perangkap, Kecamatan Air Besi ini, pemberdayaan lembaga masyarakat, kewirausahaan serta pemberdayaan lainnya juga dilaksanakan.    Harapan pemerintah desa untuk masyarakat desa Genting Perangkap agar warganya dapat menikmati dan menggunakan sarana dan prasana dengan sebaik - baiknya dan juga Pemdes Genting perangkap meminta kerja samanya kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat infrastruktur yang sudah disediakan  oleh pemerintah desa.(bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: