Angkat Potensi Pangan Lokal, Bupati Buka Lomba Cipta Menu

Angkat Potensi Pangan Lokal, Bupati Buka Lomba Cipta Menu

RBO, BENTENG - Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah, Dr.H.Ferry Ramli,SH,MH membuka acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman tingkat Kabupaten Benteng tahun 2019 di belakang halaman kantor Bupati Benteng, Rabu (24/4).

Kegiatan lomba tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan pangan kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk membuka wawasan, kreatif dan inovatif dalam mengolah bahan makanan, terutama yang memanfaatkan bahan baku pangan lokal.

Ditambahkan, pangan merupakan suatu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Namun demikian, ketersediaan pangan yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi.

"Selain ketersediaannya, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang dikonsumsi, sehingga dapat memenuhi standar gizi yang dianjurkan," terangnya.

Sementara itu, lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bengkulu Tengah ini turut dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bengkulu Tengah, Nizarwan,SH, M.Si beserta jajarannya, Ketua Penggerak PKK, Hj. Elvita Medianti, S.Sos, Staf Ahli Setda Pemkab Benteng, Dra. Hj Martini dan Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir. Hj. Nurul Kasmeri Idrus, M.Si.

Perlombaan yang bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Bengkulu Tengah ini diikuti oleh perwakilan seluruh kecamatan se Kabupaten Bengkulu Tengah, dengan menghadirkan juri dari Provinsi Bengkulu.

Usai membuka lomba, bupati beserta rombongan meninjau langsung menu masakan yang ditampilkan oleh ibu-ibu dari masing-masing Kecamatan. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: