Calon Ketua DPRD PDIPDari Rekomendasi DPD

Calon Ketua DPRD PDIPDari Rekomendasi DPD

Elva Hartati : Diutamakan Kader Dan Punya Kemampuan

RBO, BENGKULU – Saat ini pihak penyelenggara pemilu KPU Provinsi Bengkulu masih melaksanakan tahap pleno rekapitulasi suara Pileg dan Pilpres yang telah dilaksanakan tanggal 17 April lalu, dan dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu setelah mereka berhasil mempertahankan tujuh kursi DPRD Provinsi serta satu kursi DPR RI dari Bengkulu. Kedepan untuk penentuan unsur pimpinan DPRD, DPD PDIP Bengkulu menegaskan itu nanti ada ditangan DPP. “Kalau untuk penetapan siapa Calon Pimpinan Ketua DPRD nanti, itu yang memutuskan adalah DPP. Tapi sebelum itu, kami dari DPD yang akan mengirimkan rekomendasi nama calon ketua DPRD ke DPP,” tegas Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu, Hj. Elva Hartati Murman S.Ip, MM, Rabu (8/5).

Diterangkan oleh politisi perempuan PDIP yang kembali berhasil meraih suara terbanyak Caleg DPR RI PDIP Dapil Bengkulu tersebut, kendati saat ini pleno rekapitulasi suara masih berjalan oleh KPU Provinsi, namun dari data internal PDIP, maupun dari Situng Web resmi KPU, PDIP masih menjadi pemenang dan unggul perolehan suara dibanding Parpol lainnya.

“Kalau dari data kami, kita dengan Partai Golkar selisihnya hanya sedikit, dan masih unggul PDIP. Sebab itu, kami tidak ingin mengklaim dan kita tunggu saja hasil pleno resmi KPU. Sejauh ini dari pleno KPU Provinsi dimana sudah dua kabupaten yang dibuka tadi, data kami masih sama,” terangnya.

Kemudian ketika ditanya apakah untuk pimpinan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu nanti tetap akan menjadi milik Ihsan Fajri yang sekarang masih menduduki kursi tersebut, Elva belum bisa memastikannya.

“Kita belum bisa memastikan nanti siapa yang akan menduduki jabatan Ketua DPRD Provinsi itu. Hanya saja, kami mempunyai kriteria sendiri untuk menetapkan serta merekomendasikannya ke DPP nanti. Pertama yang kita utamakan untuk menduduki unsur pimpinan DPRD itu dia adalah kader yang juga pengurus inti PDIP. Kemudian sosok kader itu harus memiliki kemampuan dan kelebihan tersendiri agar dapat kita rekomendasikan ke DPP. Siapa calonnya nanti, kita lihat saja setelah penetapan oleh KPU, dan kami akan menggodoknya. Sebab, kita punya penilaian serta pertimbangan sebelum nama tersebut direkomendasikan ke DPP,” kata Elva.

Selain untuk DPRD Provinsi, di DPRD tingkat II kabupaten/kota yang mendapatkan unsur pimpinan dimana PDIP dibeberapa daerah kabupaten berhasil menjadi pemenang. Elva mengatakan, prosesnya juga sama. “Begitu juga untuk penetapan calon pimpinan DPRD Kabupaten/Kota, prosesnya juga sama. Kita ada beberapa daerah seperti Bengkulu Selatan, Seluma, Bengkulu Utara berhasil menjadi pemenang,” pungkasnya. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: