BPOM Nyatakan Takjil di Mukomuko Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

BPOM Nyatakan Takjil di Mukomuko Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

RBO, MUKOMUKO - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu menyatakan berbagai jenis takjil yang beredar di Kabupaten Mukomuko aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta aman untuk dikonsumsi.

Hal ini diketahui setelah tim dari BPOM Bengkulu bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Mukomuko melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dan langsung melakukan pengecekan makanan yang beredar daerah ini.

"Dari lebih dari 100 sampel yang kami ambil secara acak hampir di seluruh wilayah Mukomuko, tidak satupun makanan ditemukan mengandung zat kimia berbahaya. Artinya takjil di Kabupaten Mukomuko aman dikonsumsi," Kata Kepala BPOM Bengkulu, Drs. Syaripudin, M.Si.

Dikonfirmasi, Asisten II Setdakab Mukomuko, Drs. Novizar Eka Putra yang turun langsung pada Sidak Rabu lalu, mengatakan bersyukur jika tidak ditemukan bahan berbahaya pada makanan menu buka puasa yang di jual masyarakat daerah ini.

Ia juga berterimakasih kepada tim dari BPOM yang telah mengagendakan Sidak ke Mukomuko. "Ini sangat bermanfaat guna memastikan kesehatan makanan yang dijual di Kabupaten Mukomuko," kata dia.

Kendati demikian, Dia mengimbau kepada para pedagang untuk menjaga ke-hegenisan dan kebersihan makanan yang dijual.  Sebagian besar pedagang masih memanfaatkan trotoar sebagai tempat dagang.

"Kalau bahan kimia berbahaya In Sya Allah tidak ada. Ini sesuai dengan hasil pengecekan pihak BPOM. Tapi kami minta kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan makanan. Inikan tempat jualannya diatas trotoar, dekat sekali dengan jalan. Kalau tidak ditutup takut debu, asap kendaraan bercampur dengan makanan, jadinya malah tidak sehat lagi," demikian. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: