Jelang Lebaran, Sebaiknya Pemda dan TPID Turun Pantau Harga

Jelang Lebaran, Sebaiknya Pemda dan TPID Turun Pantau Harga

RBO, BENGKULU - Bahan kebutuhan pokok dinilai rentan menjadi salah satu penyebab meningkatnya laju inflasi dalam suatu daerah. Terlebih saat ini kebutuhan masyarakat dipastikan meningkat jelang hari raya Idul Fitri 1440 H / 2019. Untuk itu Pemerintah Daerah bersama pihak terkait harus hadir untuk mencegah tingginya laju inflasi.

"Sudah barang tentu kebutuhan masyarakat meningkat jelang perayaan lebaran. Jadi sangat penting bagi Pemerintah Daerah, dan juga Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) turun ke lapangan guna memantau barang-barang yang diperjualbelikan, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan lebaran," ungkap Anggota Komisi XI DPR RI, dr. Anarulita Muchtar kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Jangan sampai, lanjut Ana, dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat, malah dimanfaatkan pedagang untuk menaikan harga setinggi-tingginya. "Kalau itu sampai terjadi, tentu saja nantinya dapat jadi berpengaruh dalam meningkatkan laju inflasi. Sehingga diyakini memang perlu antisipasi guna menekan inflasi," ujar Politisi Nasdem ini.

Menurutnya, besar kemungkinan harga tiket pesawat kembali menyebabkan tingginya laju inflasi. Dalam masalah inipun tidak ada salahnya Pemerintah Daerah ikut intevensi. "Gila-gilaan melonjak harga tiket pesawat, sehingga harus ada kontrol juga dari Pemerintah Daerah dengan harapan harga tiket ini bisa lebih stabil," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, kalau untuk Bapok memang jauh lebih mudah dalam mengendalikan harganya. Seperti yang di Provinsi Jambi, TPID-nya ikut buka kios untuk menstabilkan harga yang tujuannya guna menekan inflasi dari Bapok. "Jadi para pedagang tidak berani menaikkan harga, karena khawatir nantinya pembeli malah lari ke kios TPID," tutupnya.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: