Rafflesia Arnoldi Mekar Sempurna di Bukit Daun Bengkulu Tengah

Rafflesia Arnoldi Mekar Sempurna di Bukit Daun Bengkulu Tengah

RBO  >>  BENTENG  >>   Lagi, bunga langka Rafflesia Arnoldi kini tengah mekar sempurna di kawasan hutan Lindung Bukit Daun jalur Liku Sembilan, Taba Penanjung Bengkulu Tengah. Tepatnya di jalan lintas Bengkulu-Kepahiang.

"Kami menemukan 1 bunga Raflesia yang mekar, sejak beberapa hari kemarin," terang Ibnu Raflesia, penemu bunga Raflesia yang mekar sekaligus penggiat bunga Raflesia Benteng, kemarin.

Diterangkan, untuk menuju lokasi bunga Raflesia mekar tersebut, pihaknya telah membuat jalan setapak untuk memudahkan para pengunjung.

"Jalannya sudah kami bersihkan. Jadi, pengunjung yang ingin melihat tidak kesulitan lagi," terangnya.

Selain itu, untuk menjaga keamanan dari pencurian puspa langka, pihaknya juga telah mendirikan posko penjagaan di tepi jalan.

Ditambahkan, biasanya bunga Raflesia Arnoldi mekar sempurna selama seminggu. Sesudah itu membusuk. Lalu tinggal tunggulnya saja.

"Ayo saksikan kesegaran dan keindahaan bunga Raflesia ini. Bunga langka ini hanya mampu bertahan 5 hari kedepan," ajaknya.

Sementara itu, ia mengimbau kepada warga sekitar dan sekaligus mengajak warga sekitar dan pengunjung merawat dan melestarikan bunga Rafflesia.

"Mari kita rawat dan lestarikan bunga Rafflesia Arnoldi ini agar ancaman bunga punah itu tidak akan terjadi, dan tidak ada lagi persoalan misal akar bunga Rafflesia ditebang atau daunnya di cat oleh oknum tidak bertanggungjawab karena ada kecemburuan sosial. Marilah kita jaga bunga Rafflesia ini bersama- sama, berkunjunglah dengan bijak," tegasnya.

Sekadar informasi, bunga Rafflesia Arnoldi merupakan spesies dari genis Raflesia yang memiliki diameter terbesar dari tiga spesies lain Raflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu ada tiga. Yakni, pertama Rafflesia gadutensis. Kedua Rafflesia bengkuluensis. Dan ketiga Rafflesia hasselti. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: