Dibuka Camat Benhar, Warga Ketapi Antusias Ikuti Musrenbangdes

Dibuka Camat Benhar, Warga Ketapi Antusias Ikuti Musrenbangdes

RBO, ARGA MAKMUR - Dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat akan prioritas pembangunan, Pemerintah Desa Ketapi, Kecamatan Tanjung Agung Palik, Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( MusrenbangDes ) di aula kantor desa, Selasa (17/12/2019) kemarin.

Kepala Desa Ketapi, Mardianto yang di wakili Sekdes Ketapi, Reza Pahlovi mengatakan tujuan umum dari pelaksanaan kegiatan Musrembangdes yaitu mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan tahunan di tingkat desa. “Pada tahun 2021 ada tiga perioritas utama pembangunan di Desa Ketapi yaitu di bidang Infrastruktur, Bidang Ekonomi dan Sosial Budaya,” kata Reza.

Kades juga berharap apa yang sudah direncanakan bisa tercover dan bisa sesuai harapan warga desa serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Ketapi nantinya.

Sementara Camat Tanjung Agung Palik, Benhar,S.Ip menambahkan, pelaksanaan MusrenbangDes ini sebagaimana diatur di dalam Permendagri No 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Menurutnya, di Permendagri tersebut disebutkan bahwa perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh desa dengan melibatkan badan permusyawaratan desa (BPD) dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemamfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembagunan desa.

“Musrebangdes adalah forum musyawarah perencanaan tahunan ditingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembagunan hasil musyawarah desa dan hasil dari Musrembangdesa ini nantinya akan diusulkan ditingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke pusat nantinya” ujar Benhar. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: