Emak-Emak Milenial Sulap Sayur Bayam jadi Donat

Emak-Emak Milenial Sulap Sayur Bayam jadi Donat

RBO, BENGKULU - Emak-emak milenial Lembaga Pemberdayaan Wanita (LPW) Melatih Tanah Patah Kota Bengkulu, mengolah sayur bayam menjadi roti donat yang enak dan lezat, dengan perpaduan kandungan zat besi, kalsium dan kaya vitamin A.

Ketua LPW Melati, Erliana Marasudin mengatakan, ide awal pembuatan donat bayam tersebut berasal dari anggota LPW Melati yang juga seorang petani bayam. Dengan adanya inovasi semacam ini, diharapkan perekonomian petani-petani bayam di Tanah Patah bisa meningkat.

"Alhamdulillah, donat dari buatan sayur bayam ini, diterima oleh masyarakat Bengkulu. Awalnya, kami melihat prospek Tanah Patah sebagai penghasil sayur bayam, lalu kenapa tidak menaikkan perekonomian melalui sayur bayam," ujar Erlina pada radarbengkuluonline.com, kemarin.

Dijelaskannya, donat dari olahan sayur bayam ini memiliki tekstur lembut dan rasanya pun lezat meski hanya bertoping gula halus. Sedangkan untuk bahan-bahan pembuatan donat bayam ini pun sangatlah mudah didapat. Cara pembuatan, adonannya pun sama dengan pembuatan donat pada umumnya. Hanya saja, donat bayam ini tidak perlu menunggu waktu agar adonan mengembang. Walaupun tanpa proses pengembangan adonan, donat bayam ini tetap lembut saat digigit.

"Proses pembuatannya, diawali dengan memblender sayur bayam hingga menjadi halus. Kemudian dicampur kedalam wadah yang berisi 125 gram mentega 125, 4 butir telur, 2 bungkus vanili, 1 bungkus fermipan, 1 gelas gula halus, dan 1 kg tepung terigu yang ditambah perlahan-lahan. Setelah itu, adonan yang kalis bisa dibentuk dan langsung di goreng. Lalu, donat tersebut bisa ditambahkan dengan berbagai topping," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Erlina, sayur bayam yang dikelola menjadi berbagai macam produk makanan, bisa menambah nilai jual sayur bayam. Bahkan dalam 15 hari panen dalam satu bulan, bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 750 ribu. Donat bayam ini dijual dengan harga Rp 10000 per kotak.

"Dua ikat bayam, kalau di pasar harganya enam ribu. Padahal dua ikat bayam bisa bikin donat bayam dengan 2 kg terigu, dan hasilnya akan berlipat," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: