KPU Benteng Segera Rekrut PPK

KPU Benteng Segera Rekrut PPK

RBO, BENTENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng segera merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020.

Ketua KPU Benteng Brotoseno menuturkan, saat ini KPU lagi melakukan berbagai persiapan.

"Perekrutan PPK merupakan salah satu dari tahapan Pilkada. Keberadaan PPK untuk menjamin hak pilih dan menjamin teknis pelaksanaan tahapan Pilkada ditingkat Kecamatan," terangnya.

Ia juga menjelaskan, PPK merupakan penyelenggara ditingkat kecamatan yang akan membantu KPU Benteng sukseskan pilkada nanti.

"Tentu harapan kami kepada masyarakat Kabupaten Benteng dapat mengikuti proses seleksi tersebut dengan baik, kami buka dan terbuka untuk umum sesuai dengan syarat ketentuan peraturan untuk Pilkada 2020," terangnya.

Ditambahkan, rekrutmen PPK akan diumumkan pada 15 Januari mendatang. Sesuai dengan jadwal tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 di PKPU 16 Tahun 2019, dalam melakukan seleksi perekrutan PPK nanti KPU Benteng secara garis besar tetap melihat dan menilai variabel-variabel electoral leadership calon PPK. Yakni seperti rekam jejak, Integritas, Kapasitas,dan keahlian.

"Jadi dengan variabel-variabel inilah yang akan menentukan integritas proses dan kualitas hasil pilkada 2020," tuturnya.

Ia juga menyebutkan,untuk syarat calon PPK salah satunya tidak menjadi tim kampanye peserta pemilihan. Sedangkan untuk syarat lain, setia pada dasar negara, memiliki integritas, tidak menjadi anggota partai politik minimal 5 tahun, domisili dalam wilayah kerja tempat calon PPK, sehat dan bebas napsa.

Ia menambahkan, untuk anggota PPK berjumlah 5 orang dengan mempertimbangkan 30% perwakilan perempuan, dalam hal struktur ada ketua merangkap anggota dan 4 orang anggota. "Jadi totalnya ada 55 anggota PPK yang akan kita rekrut untuk 11 kecamatan," tutupnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: