Mobil Perpusling Baru Siap Dorong Semangat Baca

Mobil Perpusling Baru Siap Dorong Semangat Baca

RBO, BENTENG - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tahun 2020 ini mendapat bantuan hibah dari Perpustakaan Nasional berupa mobil operasional perpustakaan keliling (Perpusling).

Kepala Dispusip Benteng Dra.Yulia Faridah,MSi mengatakan, bantuan berupa hibah mobil perpustakaan keliling ini merupakan kerja keras serta kunjungan masyarakat yang aktif ke perpustakaan.

"Saya dan tim selalu berupaya meningkatkan partisipasi pengunjung ke Perpustakaan. Walaupun keterbatasan anggaran, setiap saat dilaporkan secara online ke pusat," terangnya.

Ia menyebut, bantuan dalam bentuk hibah mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional lengkap dengan fasilitas koleksi buku sebanyak 250 judul 500 eksemplar beserta perlengkapan multimedia yang terdiri dari 1 unit televisi 32 inch, 1 unit genset, 1 unit UPS, 1 unit multimedia speaker, 1 paket DLS, dan 2 unit tablet android 8 inch.

"Mobil ini kebetulan cocok dengan medan kita di Benteng, mobil ini difungsikan untuk memberikan pelayanan perpustakaan keliling. Semoga mobil perpustakaan keliling ini bisa berguna untuk masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah," ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya terus mempromosikan kegiatan yang menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan.

"Jangan sampai perpustakaan dan arsip hanya sebagai tempat orang datang meminjam buku atau membaca saja, tapi bisa lebih dari itu," jelasnya.

Sementara itu, ia berharap dengan adanya penambahan fasilitas mobil perpustakaan keliling mendorong semangat membaca masyarakat Benteng.

Mobil perpustakaan keliling ini juga sebagai sarana jemput bola kepada masyarakat dan sekolah untuk mendorong semangat membaca masyarakat dan pelajar di sekolah-sekolah.

"Penambahan mobil perpustakaan keliling ini menambah cakupan wilayah yang dapat dijangkau oleh Dispusip Benteng, khususnya untuk sekolah-sekolah yang belum tersentuh," tutupnya. (ags).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: