Ini Dia Prioritas Pembangunan Desa Talang Renah

Ini Dia Prioritas Pembangunan Desa Talang Renah

RBO, ARGA MAKMUR - Desa Talang Renah, Kecamatan Air Besi, Bengkulu Utara di bawah kepemimpinan kadesnya Sarmannadi, terus menggeliat menata wajah desa mereka. Penataan dengan pembangunan insfratruktur serta sarana dan prasarana desa dari realisasi APBDes yang ada maupun dari sumber APBD BU, Provinsi, bahkan APBN.

Kades Talang Renah, Sarmannadi saat ditemui di ruang kerjanya, realisasi APBDes tahun 2019 lalu telah dirampungkan dengan tepat waktu, tepat manfaat, tepat aturan dengan pola padat karya tunai, (PKT).

Begitu pula kegiatan peningkatan kapasitas lewat pendidikan, pelatihan, penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat desa dan jalannya roda pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan prima dan tata kelolah administrasi pemdes secara transparan dan akuntabel.

Kades Sarmannadi menjelaskan saat ini untuk rencana realisasi rencana pembangunan tahun ini, berangkat dari dokumen RKP yang ada, pemdes masih memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana dan insfrastruktur yang masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

Adapun yang menjadi prioritas tahun 2020 ini, yaitu Gedung TPQ di dusun II, Rehab Jembatan Gantung di dusun II, Rabat Beton 2 titik dengan panjang 500 meter di dusun II, Perluasan Kantor Desa di dusun I, dan Sedangkan pembangunan tahun 2019 lalu. Yaitu Rabat Beton 3 titik yang terletak di dusun I, Rabat Beton Jalan Lingkungan 4 titik di dusun II dan pemberdayaan tahun lalu yaitu: PKK, siskeudes, BPD.

Sedangkan untuk pemberdayaan lembaga masyarakat, kewirausahaan serta pemberdayaan lainnya telah pula dilaksanakan pemerintah desa. Tujuannya agar warga dapat menikmati dan menggunakan sarana dan prasana dengan sebaik – baiknya. “Pemdes Talang Renah meminta kerja samanya kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat insfrastruktur yang sudah di kerjakan oleh pemerintah Desa Talang Renah agar dapat bertahan dan dapat pula memberikan manfaat bagi warga,” tutup dia. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: