Patut Dicontoh! Talang Ulu Desa Pertama di BU yang Cairkan APBDEs

Patut Dicontoh! Talang Ulu Desa Pertama di BU yang Cairkan APBDEs

RBO, ARGA MAKMUR - Patut dicontoh, Pemeritah Desa (Pemdes) Talang Ulu, Kecamatan Air Padang Kabupaten Bengkulu Utara (BU) merupakan desa pertama mencairkan APBDes di BU. Bahkan untuk tahun ini hampir pasti Desa Talang Ulu merupakan desa yang sudah cair APBDesnya dan siap melakukan Pembangunan Desa.

Kades Talang Ulu, Ismail.S.Sos, saat ditemui jurnalis diruang kerjanya kemarin, mengatakan saat ini desanya memiliki penduduk sebanyak 300 jiwa dan 110 KK sudah siap melangkah untuk pembangunan pada 2020 ini. Ada beberapa item rencana pembangunan fisik yang menjadi skala prioritas Pemdes dalam APBDes 2020 ini. Yaitu, Pembangunan Rabat beton dan membangun Drainase.

Sedangkan sub bidang Pemberdayaan/pelatihan masyarakat, Sipades, Prodeskel, Posyandu, PKK dan lainya, juga tidak dapat dipisah kan dari pembangunan, semua menjadi prioritas untuk dibangun. Pemdes dari realisasi APBDes tahun ini tersebut dan akan disesuaikan dengan alokasi anggaran yang ada nantinya.

Ismail mengatakan untuk realisasi APBDes tahun 2019 lalu yakni Pembangunan Balai Pertemuan, Sarana Olahraga dan Rabat Beton Jalan ke pemandian. Pemberdayaan bibit karet unggul 22.000 batang. Pembangunan tersebut telah dirampungkan pengerjaan dan pelaksanaannya oleh Pemdes melalui TPK masing-masing.

Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat telah selesai dilaksanakan dan telah pula rampung SPJ administrasinya.

Begitu pula dengan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur desa realisasi APBDes 2019 lalu, dikerjakan dengan pola padat karya tunai (PKT) sesuai dengan RAB, volume serta aturan yang ada. ’’Pemdes Talang Ulu berhaarap, kepada masyarakat sekitar agar dapat menjaga dan sama – sama merawat, memelihara apa saja yang sudah dibangun di Desa Talang Ulu agar dapat bertahan dan nantinya dapat lebih maju lagi," tutup Ismail.(bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: