Ayo Racik Handsanitizer Sendiri

Ayo Racik Handsanitizer Sendiri

RBO, BENTENG - Ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19 sekarang ini, masyarakat diminta untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Namun, mahal dan mulai langkahnya Handsantizer dipasaran membuat masyarakat harus kreatif mengakalinya. Seperti yang dilakukan oleh guru dan siswa MIN 1 Bengkulu Tengah ini dengan membuat Handsanitizer hasil racikan sendiri dari daun sirih. Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengusir virus corona.

Sementara itu, Kepala MIN 1 Benteng Emiyati menjelaskan bahwa sekarang semakin menyebarnya pandemi virus corona atau covid-19 di tanah air, mengakibatkan masker, hand sanitizer, dan alkohol sulit dicari. "Ketiga barang ini paling efektif untuk meminimalisasi penularan virus Corona," terangnya.

Selanjutnya, Emi menambahkan bahwa Guru dan siswa berkolaborasi dalam rangka pembuatan Hand Sanitizer tersebut. Cara pembuatan dan bahan-bahannya pun sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Siswa hanya membutuhkan daun siri secukupnya, air bersih secukupnya, baskom, botol, dan panci. "Cara pembuatan Hand Sanitizer pertama ambil daun siri secukupnya lalu potong kasar kecil-kecil. Masukkan potongan siri tadi ke dlam wadah yang sudah disiapkan. Selanjutnya panaskan air putih di atas api menggunakan panci hingga mendidih, berikutnya masukkan potongan daun sirih dalam wadah, di atas air putih yang mendidih di dalam panci sekitar 30 menit. Lalu matikan kompor, dan dinginkan. Setelah dingin masukkan ke dalam botol yang sudah disiapkan oleh siswa. Hand Sanitizer murah meriah sudah bisa digunakan," pungkasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: