Strategi Bank Bengkulu Semakin Tumbuh dan Tangguh Sudah Disiapkan

Strategi Bank Bengkulu Semakin Tumbuh dan Tangguh Sudah Disiapkan

RBO   >>>   BENGKULU  >>>   PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu / Bank Bengkulu menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2019 (RUPS TB 2019) di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu Rabu, 15 April 2020. Mereka menerapkan protokol covid-19 untuk memperhatikan kesehatan dan kenyamanan pemegang saham dan peserta rapat.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Bank Bengkulu Tahun Buku 2019 dibuka sambutan dari Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Bengkulu,Yusri terkait POJK NOMOR: 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum. Setelah menyampaikan sambutannnya langsung meninggalkan ruang rapat. Kemudian peserta Rapat Umum Pemegang Saham melanjutkan agenda pembahasan dan telah disetujui. Selain itu Laporan Pertanggungjawaban Perseroan serta disahkan mengenai keadaan dan jalannya perseroan serta Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris selama Tahun Buku 2019 dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019. Juga membahas mengenai materi pembahasan lainnya terkait langkah-langkah penguatan modal inti Bank Bengkulu agar dapat melanjutkan usaha perbankan secara sustainable.

Pembahasan lainnya juga telah disetujui untuk membuat rancangan perubahan Anggaran Dasar PT. Bank Pembangunan Daerah Bengkulu dan kelengkapan perizinan lainnya. Seperti proses seleksi Dewan Pengawas Syariah yang berkenaan dengan rencana konversi Bank Bengkulu dari Bank Umum konvensional menjadi Bank Umum Syariah dan juga dibahas langkah pemerintah daerah Provinsi Bengkulu untuk melakukan perubahan Peraturan Daerah.

Ditengah ketidakstabilan kondisi perekonomian global di tahun 2019, Bank Bengkulu masih mampu menunjukkan pertumbuhan dan performa kinerja keuangan yang baik bila dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya . Berdasarkan Laporan Keuangan Tahun Buku 2019 (audited), pencapaian kinerja Bank Bengkulu tahun 2019 berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp 147,0 miliar. Sedangkan laba bersih Bank Bengkulu tahun 2019 sebesar Rp 107 Miliar. Dibandingkan tahun sebelumnya, perolehan laba bersih mengalami pertumbuhan sebesar 40,80%. Dimana laba bersih tahun buku 2018 mencapai Rp 76,05 miliar.

Pada tahun 2019, Bank Bengkulu membukukan aset sebesar Rp 6.678 miliar pada tahun 2019 yang sebagian besar didorong oleh peningkatan aktivitas utama penyaluran dana, di mana kredit yang diberikan tumbuh sebesar 10,94% sehingga mencapai 76,15 % dari total aset. Jumlah dana pihak ketiga dari nasabah Bank Bengkulu pada akhir tahun 2019 tercatat sebesar Rp 5,239 miliar, naik 19,25% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 4,394 miliar. Pertumbuhan kredit berdasarkan penggunaan selama tahun 2019, kredit investasi mengalami kenaikan tertinggi yaitu sebesar 40,9 % (yoy) dari Rp 338,2 miliar menjadi Rp 476,5 miliar. Kredit modal kerja mengalami kenaikan sebesar 2,73% (yoy) dari Rp 447,3 miliar menjadi Rp 459,5 miliar. Sedangkan kredit konsumsi tumbuh 9,23% dari Rp 3.798 miliar menjadi Rp 4.149 miliar.

Adapun rencana bisnis Bank Bengkulu tahun 2020 secara garis besar dalam acara tersebut disebutkan akan meningkatkan permodalan yang kuat dan mampu beroperasi secara efisien, memperkuat good corporate governance dan fungsi manajemen risiko, memperkuat fungsi kepatuhan.

Kemudian dilanjutkan dengan memperkuat pelaksanaan fungsi satuan pengawasan intern, memperkuat kualitas pengelolaan sumber daya manusia (human capital) dan budaya kerja.Kemudian disambung dengan melakukan konsolidasi dan revitalisasi teknologi informasi yang dapat mendukung pengembangan produk, layanan (termasuk transaksi non tunai), informasi keuangan dan laporan yang berorientasi pada operasional, business solutions dan information. Kemudian membuat standarisasi sistem dan prosedur operasional bank. Dilanjutkan dengan menjadikan Bank Bengkulu sebagai tempat penyimpanan dana dan bertransaksi yang nyaman bagi stakeholder dan shareholder. Kemudian peningkatan penghimpunan dana pihak ketiga sebesar 17,15%, peningkatan penyaluran kredit sebesar 13,43% dan terakhir yaitu peningkatan total aset sebesar 17,76%.

Dalam RUPS tersebut, Bank Bengkulu juga mempersiapkan rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan Bank Bengkulu Tahun 2020 secara garis besar adalah pembentukan unit pengelola keuangan keberlanjutan, Penyusunan Pedoman Perusahaan Keuangan Keberlanjutan, Pelaksanaan Edukasi Internal bekerjasama dengan berbagai pihak eksternal dan Lembaga /Instansi terkaint program keberlanjutan. Dan terakhir yakni Penyaluran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) kepada kegiatan usaha kategori keberlanjutan.(Ae-4/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: