Korem 041/Gamas Salurkan Bantuan APD dari Kemenhan RI

Korem 041/Gamas Salurkan Bantuan APD dari Kemenhan RI

RBO, BENGKULU - Korem 041/Garuda Emas, menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Penyaluran bantuan APD yang dikirim melalui jalur darat tersebut, tidak lepas dengan terjadinya lonjakan kasus konsirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Bengkulu.

Komandan Korem 041/Gamas, Kolonel Kav. Yanuar Adil mengatakan, APD yang sudah diterima, langsung didistribusikan ke Rumah Sakit (RS) Detasemen Kesehatan Tentara (DKT) Bengkulu. "Dimana RS DKT merupakan salah satu RS rujukan penanganan Covid-19, serta kebeberapa kodim," ungkap Yanuar saat menyerahkan secara resmi APD, Jumat (15/5).

Dijelaskan oleh Danrem APD dari Kemenhan RI ini mereka salurkan pada satgas Covid-19 khususnya anggota TNI, "Saya dapat informasi dari BPBD untuk APD Satgas Covid-19 Provinsi Bengkulu khusus RSMY saat ini sedang dalam perjalanan dan dalam waktu dekat akan ada penyerahan bantuan APD tersebut," kata Danrem

Adapun apakah APD yang diberikan Kemenhan sudah cukup guna mengakomodir para petugas medis yang ada guna menangani Covid-19, Danrem menegaskan jika melihat jumlah kasus positif Covid-19 yang ada saat ini masih mencukupi, "Kalau kita lihat dari jumlah kasus positif ada 42 pasien, APD yang ada sudah mampu mengakomodir kebutuhan kita. Tapi kalau jumlah kasus melonjak, tentu APD masih kurang," tegasnya.

Menurutnya, peningkatan pasein Covid-19 dari 14 kasus, dan terhitung hari ini (kemarin, red) dikabarkan menjadi 42 kasus telah menyita kepedulian Menteri Pertahanan, Letjen TNI. (Purn) Prabowo Subianto. "Maka dari itu dengan bantuan yang disalurkan Menhan berharap dapat menekan penyebaran Covid-19 ditengah-tengah masyarkat," jelas Yanuar Adil.

Lebih jauh dikatakannya, Menhan juga berpesan agar APD itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama dalam mencegah dan menangani wabah Covid-19 di Provinsi Bengkulu. "Adapun bantuan yang kita terima diantaranya Gloves 1.000 Pcs, Googles 100 Pcs, Masker N95 100 Pcs, Masker Medis 1.000 Pcs, Tutup Kepala 1.000 Pcs, Tutup Sepatu 1.000 Pcs, APD kain 500 Pcs, dan APD PVC juga 500 Pcs," singkatnya.

Ditambahkan dari Dankes Purdiyanto dari APD yang diberikan Kemenhan RI seperti baju Hazmat bisa digunakan berulang kali, "Ini ada dia jenis APD baju hazmat dan bisa dicuci dengan steril untuk kemudian digunakan kembali," tambahnya. Selain itu dalam penyaluran APD dari Kemenhan RI turut dihadiri Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu dari Partai Gerindra H. Suharto SE, M.BA.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: