Pabrik CPO di Mukomuko Ditutup

Pabrik CPO di Mukomuko Ditutup

RBO, MUKOMUKO - Ini informasi penting bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko, khususnya yang memiliki kebun sawit. Kalau belasan pabrik CPO yang beroperasi di daerah akan mulai tutup alias tidak akan membeli sawit masyarakat untuk sementara waktu, lantaran libur Idul Fitri 1441 H / 2020 M.

Pabrik-pabrik CPO di Kabupaten Mukomuko akan mulai tutup pada Rabu, 20 Mei besok. Dan akan kembali beroperasi pada tanggal 26 Mei. Namun jadwal masing-masing pabrik berbeda-beda.

"Kita sudah menerima laporan dari masing-masing pabrik CPO. Ada yang sudah mulai tutup tanggal 20 Mei lusa (besok), ada yang tutup tanggal 21 Mei. Pokoknya tanggal 23 semua pabrik sudah tutup semua. Jadwal bukanya juga beragam. Ada yang tanggal 26, dan seterusnya, pabrik baru akan buka semua pada tanggal 31 Mei," urai Kasi Perizinan dan Kemitraan, Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Sudiyanto dalam keteranganya kepada radarbengkuluonline.com, kemarin.

Dirincikannya, ada dua pabrik CPO yang akan tutup pada tanggal 20 Mei. Yaitu PT. SSS dan PT. KAS. Kemudian pabrik yang tutup pada tanggal tanggal 21 Mei yaitu PT. MIL, PT. KSM, dan PT. GSS. Selanjutnya, pabrik yang tutup pada tanggal 22 Mei yakni PT. SAP.

"Untuk PT. DDP, PT.BMK, PT. USM, dan PT. Sapta baru akan tutup pada tanggal 23 Mei. Artinya, sehari sebelum jadwal tutup, pabrik masih menerima sawit masyarakat," jelasnya.

Ditanya soal harga sawit, Sudiyanto mengatakan, untuk saat ini harga sawit di pabrik mayoritas di bawah Rp 1.000 per kilogram. "Dapat dipastikan harga sawit ditingkat petani, sudah di bawah seribu semua, walaupun masih ada pabrik yang membeli sawit di angka Rp 1.020. saya juga kurang paham kenapa bisa anjlok semurah itu," demikian Sudiyanto. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: