Validkan Penerima BLT DD, Desa Tanah Hitam Gelar Musdessus

Validkan Penerima BLT DD, Desa Tanah Hitam Gelar Musdessus

RBO, ARGA MAKMUR – Pemerintahan Desa (Pemdes) Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar acara Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) BLT Dana Desa, di Balai Desa setempat, Senin (18/05/2020) kemarin.

Ketua BPD Harmadi dalam sambutanya mengatakan acara musdes khusus BLT DD ini digelar untuk menyatukan pendapat dan berbesar hati dengan adanya BLT DD ini. "Kalau kita tidak mendapatkannya berarti kita dianggap sudah layak dalam ekonomi kita, tolong jangan ada iri hati," kata dia.

Kepala Desa Tanah Hitam Ikhwan Zukhri mengatakan pihaknya berharap kepada pihak kecamatan untuk arahannya agar warganya nanti tidak salah paham dalam musyawarah khusus pembagian BLT DD ini. "Kami minta arahan dari pihak kecamatan untuk menjelaskan secara jelas-jelasnya agar warga yang hadir rapat ini bisa menyampaikan kepada yang lain yang tidak dapat, agar tidak ada kesalahpahaman," kata dia.

Pemdes menggelar Musdessus ini untuk menetapkan calon penerima BLT DD. Hal ini dilaksakan agar tidak terjadinya penerima bantuan yang doble. “Musyawarah ini dilakukan agar tidak terjadinya penerima bantuan yang doble, mengingat saat pandemi Covid-19 ini semua pihak terdampak, namun tidak semua mendapatkan bantuan, hanya yang sangat terdampak dan sesuai kriteria saja yang kita berikan,” ujar Kades Ikhwan Zukhri.

Camat Padang jaya Syarifah Inayati, SE, di wakili oleh kasi PMD Soini, SE dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Pemdes atas undangannya. Terkhusus untuk warga dan kita semua sangat terdampak covid 19. "Bagi warga yang mendapatkan bantuan penerima dari PKH, Bensos, anggota TNI, POLRI, ASN, Pensiunan dan penerimaan bantuan lainya. Bagi warga yang mendapatkan BLT DD ini tidak terdaftar, tidak boleh tumpang tindih, sekali lagi atas apa yang kita perbuatkan tidak boleh cemburu kita harus berbesar hati, bagi kita yang belum mendapatkan bantuan ini berarti kita di anggap mampu, kita juga harus waspada dalam aktifitas yang tidak bisa kita tinggalkan, jika kita keluar dari rumah harus memakai masker, ayo kita bersama sama jangan menyepelekan virus ini tetap waspada, menghindar kerumunan dan jaga jarak demi terhindar nya virus tersebut," ujar Camat.

Sementara itu, Pendamping Desa, Dini Yuhera, ST dalam kesempatannya menjelaskan bahwa dana Desa (DD) ini atas intruksi pemerintah. Kita yang terdampak covid 19 wajib menggunakan dana desa (DD) untuk menangani pencegahan tertularnya virus tersebut. Dengan pengalihan dana Desa APBDes sebesar 30 persen di setiap Desanya. "Saya mengimbau Pemerintah Desa dan Perangkat Desa harus menyiapkan file, notulen, berita acra, daftar calon penerima BLT DD ini. Dana desa di alihkan atau pengurangan volume dari sebagian pembangunan desa, harapan kami penerima BLT DD mempunyai KK, NIK," jelas Dini.

Setelah sekian lama berlangsung akhirnya disepakati nama-nama calon penerima BLT DD Desa Tanah Hitam Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara (bri).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: