Danrem 041 Gamas Klarifikasi, Walikota Hanya Jadi Warga Kehormatan TNI

Danrem 041 Gamas Klarifikasi, Walikota Hanya Jadi Warga Kehormatan TNI

Yanuar Adil : Brigjen Itu Hak Presiden

RBO, BENGKULU - Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil melakukan klarifikasi atas pernyataan di beberapa media massa baik cetak, elektronik maupun media sosial yang mengatakan bahwa beliau mengangkat Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan SE sebagai seorang Brigadir Jenderal TNI. Namun pernyataan yang benar menurut Danrem adalah beliau memberikan jaket serta warga kehormatan dilingkungan keluarga besar TNI, bukan melantik sebagai Brigjen. "Jadi saya minta diklarifikasi oleh seluruh media, baik elektronik, cetak dan televisi yang mengatakan bahwa Danrem 041/Gamas melantik Kepala Daerah atau Walikota Bengkulu sebagai Brigjen. Pemberian pangkat Brigjen itu adalah hak dan kewenangan Presiden," ujar Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil saat klarifikasi dengan mengumpulkan awak media dirumah dinasnya, malam Selasa (16/6).

Dijelaskan oleh Danrem 041/Gamas tersebut. Pada dasarnya pemberian jaket TNI itu merupakan salah satu program yang akan dia lakukan dimana seluruh kepala daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu termasuk Gubernur akan berikan jaket dan anugerah penghargaan berupa warga kehormatan TNI. "Saya juga sudah klarifikasi langsung dengan Pak Walikota bahwa tidak ada seorang Danrem dapat melantik seorang kepala daerah menjadi Brigjen. Dan saya masih akan melakukan silaturahmi serta kunjungan ke seluruh kepala daerah termasuk Dandim, serta tokoh masyarakat yang selama ini telah ikut membantu peran dan tugas TNI selama ini," kata Danrem.

Untuk itu, dalam situasi pesta demokrasi Pilkada ini, lanjut Danrem memang rawan dijadikan bahan politik, "Kedepan, dalam suasana politik seperti sekarang. Saya akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan statemen," pungkas Danrem. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: