168 Siswa SMKN 7 Kota, Ikuti Seleksi Kelas Industri

168 Siswa SMKN 7 Kota, Ikuti Seleksi Kelas Industri

40 Siswa Berpeluang Praktik Langsung di Hotel Mercure Bengkulu

RBO, BENGKULU - Usai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Hotel Mercure beberapa minggu yang lalu, kini Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Kota Bengkulu telah mempersiapkan siswa kelas XI dari Jurusan Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Tata Boga mengikuti seleksi masuk kelas industri. Bagi 40 siswa yang terpilih, nantinya akan belajar dan praktik langsung di Hotel Mercure Bengkulu selama 4 sampai 6 bulan kedepan.

"Sebanyak 168 siswa kelas XI dari 3 jurusan. Yaitu UPW, Perhotelan dan Tata Boga. Dari pihak Hotel Mercure, juga ikut langsung mengetes kemampuan, minat, bakat siswa kami tersebut. Siswa kami harapkan dapat mengikuti tes ini dengan serius," ujar Kepala SMKN 7 Kota Bengkulu, Destiana, M.Pd pada radarbengkuluonline.com, kemarin.

Dijelaskannya, seleksi tersebut digelar selama dua hari, dari tanggal 22 sampai 23 Juli 2020. Untuk di Hari Rabu (22/7), siswa yang ikut seleksi terlebih dahulu dari jurusan Perhotelan dan Tata Boga. Sedangkan di Hari Kamis (23/7) jurusan UPW. "Dari rincian 168 siswa yang ikut seleksi, yang masuk kelas industri sekaligus belajar langsung ke Hotel Mercure Bengkulu, 36 siswa dari Perhotelan, 4 siswa dari Tata Boga/Kuliner, 6 siswa dari UPW yang akan diseleksi oleh Asosiasi Pelaku Periwisata Indonesia (ASPPI)," tuturnya.

Untuk tes kelas industri meliputi 4 kategori yang harus dipenuhi oleh siswa, pertama Grooming (Penampilan siswa). Ini meliputi tinggi badan, berat badan dan foto. Kedua, wawancara perhotelan dan laundry. Ini meliputi Front Office, Housekeeping, Food dan Baverage. Ketiga, test komunikasi bahasa.Ini meliputi bahasa Inggris dan Indonesia. Keempat, test talent dan culture. Ini meliputi talent dan culture Mercure Hotel. "Untuk panita penguji, dari Grooming dan koordinasi siswa ada Andri, Chairul, Ardi dan Yessy. Wawancara perhotelan, Epriadim Ery, Anita dan Yeni. Test komunikasi bahasa, Dedi dan Dewi Sulilawati. Tes dan Culture, Aan Iskandar selaku Manager Talent dan Culture Hotel Mercure Bengkulu," jelasnya.

Sedangkan untuk kriteria kompetensi keahlian tata boga meliputi, tinggi badan, sanggup berdiri 8 jam sehari, pengetahuan dasar tentang kuliner. Seperti, pengetahuan tentang bumbu-bumbu masakan Indonesia dan kontinental, pengetahuan tentang menu, membuat daftar menu, mengenal beberapa jenis peralatan restoran.

Sementara itu, Manager Talent dan Culture Hotel Mercure Bengkulu, Aan Iskandar mengatakan, untuk test kelas industri ini, para siswa harus piawai berbahasa Inggris, kemampuan berkomunikasi dan lain-lain. "Tugas kami menggali bakat siswa disini. Semua bagus. Tapi yang kami pilih yang betul-betul menjadi kriteria standar Hotel Mercure. Jadi, akan tau mereka ini prospek kedepannya seperti apa," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: