27 Juli Batas Edi – Ice Serahkan Perbaikan

27 Juli Batas Edi – Ice Serahkan Perbaikan

RBO, KEPAHIANG - Balon Bupati Kepahiang jalur perseorangan pasangan, Edi-Ice harus menyerahkan berkas dukungan perbaikan sebanyak 11.950 terakhir Selasa 27 Juli Mendatang. Sebab, sesuai dengan jadwal tahapan. Tanggal 28 Juli KPU langsung melakukan tahap verifikasi administrasi. Jika batas waktu penyerahan berakhir, Balon independen tidak menyerahkan berkas dukungan, maka Balon jalur perseorangan tersebut dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Jumlah KTP pendukung yang harus diserahkan Balon pasangan Edi-Ice yaitu sebanyak, 11.950. Sebelumnya, jumlah KTP yang sudah diserahkan dan masuk dalam tahap verifikasi faktual sebanyak 10.841. Berdasarkan hasil verifikasi faktual yang dilakukan secara sensus sebanyak 4.866 dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) kemudian sebanyak 5.975 dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Komisioner KPU Kepahiang, Ikrok, S.Pd saat dikonfirmasi mengatakan, sesuai dengan jadwal tahapan yang sudah ditetapkan. Selasa minggu depan Balon bupati dan wakil bupati jalur independen harus menyerahkan dukungan perbaikan. "Masih ada waktu tiga hari lagi, untuk Balon perseorangan mengumpulkan dukungan," kata Ikrok.

Sambungnya, jika Balon jalur perseorangan itu menyerahkan berkas dukungan perbaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Maka pihaknya dari KPU langsung melakukan verifikasi administrasi, supaya tidak ada dukungan yang ganda. Selanjutnya, setelah verifikasi administrasi, berkas dukungan tersebut langsung diverifikasi secara faktual.

Verifikasi faktual tidak lagi dilakukan secara sensus atau mendatangi rumah ke rumah. Tetapi, tim LO Balon perseorangan tersebut harus mengumpulkan orang yang memberi dukungan disuatu tempat. Kemudian petugas dalam hal ini anggota PPS mendatangi tempat tersebut, dan langsung melakukan verifikasi. "Misalkan dalam satu desa ada yang memberikan dukungan. Tim LO Balon perseorangan harus mengumpulkan mereka (pemberi dukungan red) disuatu tempat. Kemudian PPS desa setempat mendatangi lokasi melakukan verifikasi," demikian Ikrok.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: