Desa Sungai Pura Gelar FGD Stunting

Desa Sungai Pura Gelar FGD Stunting

RBO, ARGA MAKMUR – Untuk menguatkan kesehatan warga dan menyosialisasikan Stunting atau gagal pertumbuhan, Pemdes dan BPD Desa Sungai Pura, Kecamatan Air Besi Bengkulu Utara (BU) menggelar Fokus Diskusi Grup (FDG) dan Rembuk Stunting.

Acara yang dibuka Camat Air Besi yang diwakili Sekcam, Dairmansyah juga di hadiri Kades Yusmandi, BPD, jajaran perangkat desa, pendamping desa, tokoh masyarakat dan kelembagaan desa lainnya di balai pertemuan desa, Kamis (17/09). Rembuk stunting ini dilaksanakan sebelum ditetapkannya RKP sehingga hasil Rembuk Stunting dapat dituangkan dalam berita acara dan dapat diinput ke aplikasi eHDW dan menjadi bahan review RPJM Desa maupun rumusan Prioritas wajib di RKP Desa.

Pelaksansaan rembuk stunting di Sungai Pura sebagai bagian dari musyawarah perencanaan pembangunan, membahas prioritas permasalahan stunting dan mengusulkan kegiatan yang mencakup 5 (lima) paket layanan konvergensi stunting.

Kades Sungai Pura, Yusmandi mengatakan pentingnya menjaga pola makan dan asuh dalam rangka mencegah anak terlahir stunting atau kekurangan gizi ( terhambat pertumbuhannya). “Untuk ibu hamil hendaknya selalu rutin memeriksakan kandungannya ke Puskesmas atau bidan desa, sehingga kehamilannya dapat terpantau dan juga kepada bidan desa hendaknya lebih pro aktif untuk memberikan pengertian terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan dan juga terkait kebutuhan gizi selama kehamilan,” singkat Kades. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: