Pemprov Bengkulu Gencar Lobi Investor

Pemprov Bengkulu Gencar Lobi Investor

RBO >>>  BENGKULU >>>  Pemda Provinsi Bengkulu berupaya untuk memberikan peluang bagi para investor yang ada. Ini dikarenakan potensi itu ada. Kemudian, geliat perekonomian di Provinsi Bengkulu kian bertumbuh. Baik dalam segi pertanian, industri maupun pariwisata daerah.

Sekretaris Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri saat ditemui radarbengkuluonline.com, Selasa (6/10) mengatakan, peluang investasi yang ditawarkan diantaranya pengembangan industri di kawasan ekonomi khusus di Pelabuhan Pulau Baai, pengembangan pariwisata, dan pertanian. “Bengkulu terdiri dari 10 kabupaten/kota dan pada tiap masing-masing daerah memiliki keunikan dan kearifan,” ujarnya.

Hamka mengatakan, Provinsi Bengkulu memiliki aset negara yang besar. Seperti potensi Pantai Panjang. Pantai kurang lebih 500 KM yang membentang dari batas Provinsi Lampung sampai ke batas Provinsi Sumatera Barat, yang kaya dengan potensi perikanan dan kepariwisataan. Pada bagian utaranya merupakan kawasan perbukitan Bukit Barisan yang banyak memiliki potensi pertanian dan kepariwisataan. Seperti air terjun, arung jeram, danau, pemandian air panas dan flora langka.

Ia menambahkan, Bengkulu juga memiliki sumber daya manusia yang cukup melimpah. Dimana saat ini jumlah penduduk di daerah mencapai 2 juta lebih. Dengan ketersediaan sumber daya manusia yang melimpah tersebut, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan industri di daerah. “SDM kita melimpah. Itu cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaan industri yang ingin mendirikan pabriknya di Bengkulu,” tutur Hamka.

Tidak hanya itu, Hamka mengaku, pasokan energi listrik di daerah juga melimpah. Bahkan saat ini Bengkulu memiliki PLTU berkapasitas 2×100 MW. Itu cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik industri yang ada di daerah. “Pasokan listrik kita melimpah. Jadi, perusahaan industri tidak rugi berinvestasi di daerah karena dijamin listriknya akan selalu hidup,” imbuhnya.

Di sisi lain, saat ini Bengkulu juga tengah menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol menuju Sumatera Selatan. Dengan begitu, akses transportasi darat akan semakin mudah dan lancar. “Kita sebentar lagi memiliki tol. Jadi, perusahaan di daerah akan lebih mudah mengirimkan barangnya dari Bengkulu ke sejumlah kota di Sumatera,” sampainya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: