Wartawan Bisa Jadi Walikota, “Ini Syaratnya”

Wartawan Bisa Jadi Walikota, “Ini Syaratnya”

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  "Wartawan adalah profesi mulia. Maka banggalah menjadi seorang wartawan yang profesional." Begitu pembuka kata, Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi saat berbincang-bincang bersama wartawan Mukomuko di Sekretariat PWI Kabupaten Mukomuko, Rabu (7/10).

Plt Walikota Bengkulu, Dedy kemarin bersilaturahmi dengan wartawan di Kabupaten Mukomuko. Katanya, berkumpul dan bercengkrama bersama wartawan, mengingatkan dia dimasa lalu. Seperti sudah banyak diketahui, wartawan sudah sangat melekat pada sosok Dedy Wahyudi.

Pada kesempatan tersebut, Dedy bercerita perjalanan kariernya saat menjadi wartawan hingga dipercaya penduduk Kota Bengkulu menjadi Wakil Walikota.

Diakui Dedy, profesi wartawan yang ia geluti kurang lebih 18 tahun selama ini, sangat mempengaruhi karier politik yang ia capai saat ini. Kenapa begitu?

Dedy lanjut bercerita, ia mendapat relasi dan dikenal banyak orang saat masih aktif menjadi jurnalis. Hal itu menjadi modal besar baginya untuk terjun ke dunia politik. Akan tetapi, tegas Dedy, relasi itu perlu dijaga. "Itu syaratnya," sampai mantan host Bengkulu Berdialog ini.

Selama menjadi wartawan, ia menjaga hubungan dengan semua relasi. Sebisa mungkin menjadi wartawan yang bisa membuat orang nyaman. Dengan tidak mengabaikan profesinal sebagai wartawan.

"Menjaga hubungan dengan relasi atau jaringan bukan berarti tidak mengkritik. Tetap dikritik dengan baik secara profesional. Jadi yang dikritik itu tidak merasa ditampar. Tapi cuma merasa dicubit. Tapi kritikan yang disampaikan itu tersampaikan dan bisa diterima oleh orang yang dikritik," sambungnya.

Kata Dedy, saat ini ia menjadi satu-satunya wartawan yang berhasil menembus kursi Kepala Daerah di Sumatera. Di luar pulau Sumatera masih banyak lagi contoh wartawan berhasil berkarier di dunia politik. Ia yakin, suatu saat nanti jurnalis Mukomuko juga mampu menduduki kursi strategis di pemerintahan.

"Kalau ada yang mampu menjaga jaringan, orang-orang merasa nyaman memberikan informasi, tidak terus menerus membuat narasumber 'gerah', In sya Allah, saya yakin Wartawan Mukomuko suatu saat nanti bisa menduduki posisi strategis di pemerintahan," ucapnya.

Putra kelahiran Mukomuko ini sedang mengemban amanah sebagai Plt Walikota Bengkulu karena Walikota Bengkulu Helmi Hasan sedang cuti untuk menjalani kampanye Pilkada lantaran Helmi maju sebagai Calon Gubernur Bengkulu.

Dedy bisa saja dilantik sebagai Walikota Bengkulu tanpa harus menjalani tahapan Pemilihan Walikota (Pilwakot) kalau Helmi Hasan menang dalam perebutan kursi Gubernur Bengkulu pada Pilkada serentak Tahun 2020 ini. Tidak hanya menjadi Walikota Bengkulu dari kalangan kuli tinta, Dedy juga akan mencatat sejarah bagi Kabupaten Mukomuko. Sebab, ia putra Mukomuko pertama yang menjabat Walikota Bengkulu. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: